Balla' Barakkaka , Model Kampung Konstitusi Pertama yang diresmikan langsung Mahkamah Konstitusi

KBRN, Makassar : Balla' Barakkaka bukan hanya kampung adat dan budaya saja . Balla' Barakkaka ini ditetapkan sebagai model kampung konstitusi pertama di Indonesia. Sehingga ada satu rumah diakawasan ini yang ditetapkan sebagai rumah konstittusi dan diberi nama Rumah Baruga Konstitusi.

Diketahui Balla' Barakkaka merupakan kampung adat dan budaya yang berlokasi di galesong,  kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Balla' Barakkaka ini diinisiasi oleh Prof. Dr. H.  Aminuddin Salle Dg. Patoto. Seorang budayawan sekaligus dosen salah satu guru besar universitas ternama di Sulawesi selatan.

“Balla' Barakkaka ditetapkan oleh mahkamah konstitusi saat itu Mahfud MD , beliau membaca buku-buku saya tentang galesong dan setelah dia baca dia minta, menarik galesong, beliau berkesimpulan bahwa galesong bisa dijadikan model desa konstitusi.” Ujar Prof. Aminuddin Salle Saat ditemui di kampung Balla' Barakkaka. (29/06/2022)

Penetapan Balla' Barakkaka sebagai kampung konstitusi ditetapkan langsung tahun 2012 Saat Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H. diberikan gelar Karang Tojeng di Balla’ Lompoa Gallessong. Kemudian 9-10 tahun setelahnya dilanjutkan ketua mahkamah konstitusi Prof. Dr. H. Anwar Usman, S.H., M.H.  untuk menindaklanjuti Balla' Barakkaka sebagai kampung konstitusi.

Lanjut Prof. Aminuddin Salle mengatakanan bahwa baruga konstitusi Balla Barakkaka diresmikan langsung oleh 9 anggota hakim konstitusi atau disebut 9 dewan keadilan untuk meresmikan Baruga Konstitusi di kampung adat dan budaya Balla' Barakkaka.  

Harapan kedepannya Balla' Barakkaka akan dibentuk Lembaga peradilan konstitusi, artinya perkara-perkara kecil  bisa diselesaikan di Baruga Konstitusi secara musyawarah dan secara damai. Sehingga penjara tidak penuh dan masyarakat bisa merasakan keadilan secara langsung.

Fungsi Baruga Konstitusi sendiri yaitu secara periodik bisa mengikuti persidangan-persidangan mahkamah konstitusi. Karena di Baruga Konstitusi dilengkapi dengan smarthboard dan alat canggih yang bisa berhubungan timbal balik secara live. Keputusan mahkamah kosntitusi atau kuliah di mahkamah konstitusi itupun bisa dilakukan di Baruga Konstitusi  ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar