Wujudkan Dua Anak Sehat, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Gagas Program Inovasi Grebek Pasar

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bone, masih memprioritaskan Dua Anak Sehat, dengan membentuk program inovasi baru yang dinamakan Grebek Pasar.

Hal ini di ungkapkan Kepala Bidang Keluarga Berencana, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bone, Andi Rahmawati, S.sos., M.si. Dikatakan, inovasi Grebek Pasar ini dilaksanakan dengan cara menyasar pasar yang ada di Kabupaten Bone, seperti yang telah dilakukan baru baru ini di Pasar Lamuru.

‘’ inovasi Grebek Pasar ini sudah 3 kali kita lakukan diantaranya dipasar Lamuru. Kita sengaja menyasar pasar karna biasanya kaum ibu sibuk beraktifitas sehingga lupa jadwal  penggunaan KB. Dan kita bagikan pil KB dan KB suntik itu secara gratis,” beber A. Rahmawati kepada RRI.co.id

Selain itu juga, menurut A. Rahmawati, inovasi Grebek Pasar ini  dilakukan untuk meningkatkan pencapaian Akseptor baru,  aktif  maupun  akseptor lama (ulangan),  demi mewujudkan Dua Anak Sehat.

” Adapun caranya yakni dengan mengajak warga agar menggunakan metode MKJP, Metode Kontrasepsi Jangka Panjang, seperti pemasangan Implan, IUD dan lainnya, sebab penggunaan Pil dan KB Suntik terkadang terlupa digunakan oleh kaum ibu karena kesibukan masing-masing. 

Adapun umur yang disasar agar dapat menyukseskan Dua Anak Sehat, lanjut A. Rahmawati yakni usia produktif, pasalnya usia tersebut dinilai masih mampu melahirkan Anak lebih dari dua.

“ Ini dilakukan bukan melarang ibu untuk melahirkan Anak, namun lebih tepatnya untuk menjarakkan kelahiran anak,’’ katanya.

Dengan hadirnya program inovasi Grebek Pasar,  Andi Rahmawati berharap warga dapat lebih paham mengenai keluarga ideal yaitu dengan cara membatasi jumlah  kelahiran serta penggunaan alat kontrasepsi sebagai acuan guna membentuk keluarga berencana.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar