Hanya 6 Dari 7 Cagar Budaya yang Direkomendasikan TACB ke Bupati Bone

Dinas Kebudayaan Kabupaten Bone, mengusulkan 7 objek  yang diduga Cagar Budaya, kepada Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Bone, untuk direkomendasikan ke Bupati Bone,  agar ditetapkan sebagai Cagar Budaya.

Kepala Dinas Kebudayaan Bone, Andi Ansar Amal menyebutkan dari ketujuh yang diusulkan, hanya 6  objek yang direkomendasikan dari Tim Ahli Cagar Budaya Bone, meliputi Kalokkoe Makam La Maddaremmeng, Makam We Bataritoja, Mesjid Raya Bone, Mess Guru , Bastion Benteng Laleng Bata, Timoang Benteng Cenrana.

“ Dari 7 objek yang diusulkan, hanya 6 yang direkomendasikan dari TACB, sebab yang satunya itu masih belum lengkap datanya yang diminta, namun rencananya akan Kembali diusulkan ,” ungkap A. Ansar Amal saat dikonfirmasi RRI.co.id

Sementara menurut ketua Tim Cagar Budaya Bone, Muhlis Hadrawi  mengatakan ke enam Cagar Budaya Bone, yang direkomendasikan ke Bupati Bone, telah memenuhi unsur kriteria identitas seperti, terkait dimensi, keletakan, data sejarah, dokumentasi dan status registrasi.

“ keenam objek diduga cagar budaya yang direkomendasikan itu sudah memenuhi unsur kriteria yang diinginkan, jadi kami akan mengusulkan kepada Bupati Bone, untuk diresmikan agar tetap terjaga dan terpelihara,” bebernya.

Dengan adanya rekomendasi dari TACB, A. Ansar Amal berharap agar ke 6 objek  Cagar budaya segera ditetapkan secara resmi oleh Bupati Bone.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar