Berlaku Bagi Seluruh Ibu Hamil, RSIA Fatimah Makassar Sediakan Pelayanan Pemeriksaan Kehamilan Gratis

KBRN, Makassar :  Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Fatimah Makassar menyediakan pelayanan pemeriksaan kehamilan gratis.

Rumah sakit yang terletak di jalan Gunung Merapi, Kota Makassar ini menghadirkan program yang diharapkan dapat mendukung program nasional guna menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

"Kita siapkan bank darah untuk mengantisipasi penyebab angka kematian ibu karena pendarahan, di mana angka kematian di rumah sakit masih berada di atas 50 persen," kata Kepala Seksi Pelayanan dan Penunjang Medik RSIA Fatimah, Sitti Rahmah Mahing, Selasa (28/06/2022).

Sitti Rahmah menjelaskan progam pemeriksaan kehamilan gratis ini adalah program yang diinisiasi oleh Direktur RSIA Fatimah, Kusrini A yakni program Antenatal Care (ANC) yang sudah diberlakukan sejak 2021 lalu.

Program ini diberlakukan bagi ibu hamil di atas 7 bulan dan mendapatkan pelayanan pemeriksaan kehamilan gratis selama 2 kali.

Dikatakan, layanan gratis tersebut berupa pemeriksaan kesehatan dan USG secara gratis. "Bayi itu memiliki 1000 hari kehidupan pertama di mulai saat janin hidup di usia kehamilan 270 hari atau golden age. Jadi di masa-masa ini masyarakat kurang mampu pun bisa melakukan pemeriksaan ANC," ujarnya.

Ditambahkan, program pemeriksaan kehamilan secara gratis ini dibuka dari Senin sampai Jumat pukul 08.00 WITA.

"Pelayanan ini dapat dirasakan oleh seluruh ibu hamil yang menggunakan kartu BPJS, KIS maupun umum," tutup Sitti Rahmah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar