Pangdam Hasanuddin: Komandan Satuan Memiliki Tanggung Jawab Penuh

Foto:Mayjen TNI Andi Muhammad.jpg

KBRN. Makassar :  Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad, S.H., M.H., membuka Apel Komandan Satuan (AKS) Tersebar Kodam XIV/Hasanuddin TA 2022,  di Mako Yonif Raider 700/WYC Jalan  Perintis Kemerdekaan Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (24/05/2022).

Kegiatan di awali dengan penyematan tanda Apel Komandan Satuan (AKS) kepada perwakilan peserta Apel.

Masih dalam suasana Idul Fitri, Pangdam mengucapkan selamat hari Raya Idul Fitri 1443/Hijriah, Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin.

Mayjen Andi  Muhammad menekankan, Apel Komandan Satuan yang diselenggarakan bertujuan  menyamakan cara pandang dan pikiran para Komandan Satuan guna mengoptimalkan pembinaan satuan dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam XIV/Hasanuddin.

"Kegiatan ini  sebagai upaya dan langkah-langkah konkrit dalam mengoptimalkan pembinaan satuan sehingga setiap prajurit Kodam XIV/Hasanuddin mampu mengaktualisasikan berbagai tugas yang diemban dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab yang dilandasi sikap dan tindakan yang profesional," Kata Pangdam Mayjen Andi Muhammad 

"Hal ini sangat penting karena dari hasil evaluasi selama ini menunjukkan adanya berbagai hambatan  dan kendala yang selalu ditemukan dalam proses pelaksanaan pembinaan satuan, dimana kendala tersebut lebih disebabkan oleh belum maksimalnya kepedulian para Dansat dalam menjalankan tugas pokok di satuan," Sambungnya. 

Dengan diselenggarakannya jApel Dansat seperti ini kata dia, diharapkan dapat terwujud kesamaan misi dalam menyelenggarakan tugas pokok serta mendukung upaya peningkatan  kemampuan kepemimpinan para Dansat jajaran Kodam XIV/Hasanuddin yang tangguh, berwawasan dan adaptif dalam menghadapi tantangan tugas ke depan.

"Hal tersebut sejalan dengan tema Apel Dansat kali ini yaitu : Membangun Komandan Satuan TNI AD yang tangguh guna menjamin terwujudnya prajurit dan satuan TNI AD yang profesional dan sejahtera sebagai pilar TNI AD," Ungkapnya. 

Pangdam mengatakan  tema tersebut mencerminkan komitmen dan tekad yang kuat untuk meningkatkan profesionalisme prajurit di satuan sebagai pilar TNI AD yang selalu memiliki kesiapan operasional dan memiliki kemampuan Binter guna lebih memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat 

Orang nomor satu di Kodam Hasanuddin ini mengharapkan, materi pembekalan yang nantinya diterima dapat memberikan manfaat bagi para Dansat dalam mengoptimalkan pelaksanaan pembinaan di satuan masing-masing. 

"Materi pembekalan yang nantinya diterima dapat memberikan manfaat bagi para Dansat dalam mengoptimalkan pelaksanaan pembinaan di satuan masing-masing, berikan saran, masukan maupun pemikiran konstruktif dari para Perwira sekalian guna optimalisasi pelaksanaan tugas Kodam XIV/Hasanuddin ke depan, sehingga berbagai kendala yang selama ini menghambat pelaksanaan tugas di satuan, dapat dicarikan solusi dan pemecahan terbaik," Harapnya. 

Di akhir amanatnya,  Pangdam menekankan kepada para Komandan Satuan agar memperhatikan anggotanya demikian pula dalam latihan Komandan Latihan (Danlat) harus peduli dengan anggota dan harus hadir di tengah-tengah anggota. 

"Para Komandan agar memperhatikan anggotanya demikian pula dalam latihan Komandan Latihan (Danlat) harus peduli dengan anggota dan harus hadir di tengah-tengah anggota. Kemampuan itu apa saja agar dijabarkan, sampaikan ke anggotamu berikan arahan," Pesannya. 

"Laksanakan ibadah, bagi yang beragama muslim bila waktunya sholat agar ke masjid melaksanakan sholat. Demikian pula dalam pelaksanaan tugas jangan berpikir waktu tapi berpikirlah apa yang harus akan saya perbuat hari ini dan esok di dalam satuan," Tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar