Objek Wisata Baru, PLTB Sidrap Resmikan Gerbang Masuk Menuju Lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu

KBRN Bone : PT. UPC Sidrap Bayu Energi meresmikan Gerbang Masuk Baru PLTB Sidrap 75 MW; setelah sebelumnya sukses membangun dan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) pertama di Indonesia yang mulai beroperasi sejak April 2018 dengan kapasitas terpasang 75 MW berlokasi di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan. 

Peresmian yang dihadiri oleh para pejabat setempat dan para pemenang Lomba Desain Gerbang Masuk PLTB Sidrap yang telah diadakan di akhir tahun 2021 lalu ini merupakan tindak lanjut dari lomba desain gerbang masuk PLTB Sidrap yang diikuti oleh para murid sekolah dasar di sekitar lokasi PLTB, yaitu Kelurahan Lawawoi, Desa Lainungan, dan Desa Mattirotasi yang mana desain pemenang lomba dijadikan sebagai konsep dasar desain pembangunan gerbang masuk ini. 

Pintu PLTB Sidrap terletak di Jalan Nasional yang menghubungkan Kota Parepare dan Kabupaten Sidrap. Sebuah gerbang masuk yang dilihat oleh ribuan orang yang lewat dan memandu pengunjung ke lokasi PLTB dan Kawasan Wisata yang diusulkan. Gerbang ini menjadi daya tarik pariwisata dan berperan sebagai pemandu serta menarik lebih banyak pengunjung untuk datang ke lokasi dan melihat secara langsung energi terbarukan dalam secara riil saat memasok energi bersih berkelanjutan ke jaringan listrik. 

UPC juga bermaksud untuk meningkatkan rasa memiliki masyarakat Kabupaten Sidrap, khususnya Desa Mattirotasi, Desa Lainungan, dan Desa Lawawoi dengan melibatkan siswa SD setempat yang terpilih untuk mengikuti lomba merancang konsep gerbang masuk baru PLTB Sidrap. 

Pemenang lomba desain gerbang masuk PLTB Sidrap yang memenangkan hadiah sepeda dari UPC adalah Hilwa Zakiyah (SDN 3 Lawawoi), Weni Aulia Auri (SDN 2 Lainungan), dan Muh. Putra (SDN 4 Lawawoi), UPC juga memberikan 10 hadiah hiburan bagi peserta terpilih lainnya. 

Selain itu, pemenang lomba ini berkesempatan untuk melakukan wisata eksklusif di PLTB Sidrap sebagai perkenalan dini dan menambah pengalaman nyata dalam menyaksikan pemanfaatan energi terbarukan untuk pembangkitan listrik. 

UPC berkomitmen dan terus mengembangkan program CSR yang memberikan nilai signifikan dan banyak manfaat positif bagi masyarakat sekitar yang sejalan dengan filosofi dan tujuan UPC dalam mengembangkan energi terbarukan untuk lingkungan yang lebih baik dan memberikan dampak positif jangka panjang kepada masyarakat setempat. (FJ)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar