Edukasi ilmu tentang store layout, ITB Kalla ajak siswa berkeliling Nipah Mall

KBRN, Makassar : Program Studi Manajemen Retail memberikan edukasi kepada siswa Islam Athirah Kajolalido yang berkunjung ke kampus Institut Teknologi dan Bisnis Kalla mengenai store layout yang juga menjadi materi kuliah di Manajemen Retail. Kunjungan tersebut dilaksanakan oleh osis SMA Islam Athirah dalam rangka kunjungan kewirausahaan. Tujuannya untuk mendapatkan gambaran tentang bisnis secara umum. Selain itu, program edukasi siswa juga telah menjadi program bulanan ITB Kalla yang diberi nama Trial Class, Selasa 17 Mei 2022. 

Dalam kegiatan itu, disambut oleh Marketing And Communication ITB Kalla Muh Aynul Khaliq serta dosen ITB Kalla dari program studi manajemen retail Rahmat Syarif. Dalam materinya, Rahmat Syarif mengatakan bahwa salah satu materi penting dalam manajemen retail terutama saat kita membuka toko, restoran, atau bisnis retail apapun adalah store layout. 

“Sebenarnya materi ini sangat panjang pembahasannya, namun saya akan jelaskan hal yang penting dan dasar yang perlu saja. Dengan bgitu kedepan, kalau ada yang mungkin punya keinginan untuk membuka toko atau coffeeshop, bisa memakai ilmu ini untuk mendesign tempat jualannya,” Jelasnya. 

Kegiatan itu berlangsung selama 2 jam materi yang dibagi menjadi 2 sesi. Yang pertama sesi pembahasan dan pemaparan materi dan yang kedua adalah riset toko di Mall Nipah. Para peserta Trial Class diminta untuk melihat secara langsung model atau bentuk dari setiap toko yang ada seperti toko tas, toko baju, bahkan toko skincare seperti guardian juga bisa menjadi bahan riset. 

Marcomm ITB Kalla Muh Aynul Khaliq juga menjelaskan bahwa materi ini sangat menarik untuk anak muda khususnya yang masih duduk di bangku kuliah. 

“Materi ini sangat menarik, apa lagi kampus kami berada di Kawasan mall yang menjadi lokasi riset manajemen retail. Dengan begitu aplikasi materi yang telah mereka dapat bisa langsung tergambarkan,” Ucapnya. 

Pada akhir sesi, setiap peserta di minta untuk menggambarkan sendiri bentuk store yang ingin mereka buat Ketika nantinya punya toko sendiri. Setelah itu di presentasikan dihadapan peserta lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar