SMPM Gelar Milad ke-44 Tahun

KBRN, Maros  : Sanggar merah putih Makassar (SMPM) berdiri sejak 1978 akan menggelar agenda Milad ke-44 dan reuni di “Rumah Kecil” Antang, Makassar pada Rabu (25/05/2022 mendatang.

Diketahui sejak keberadaanya, SMPM secara rutin mengadakan kaderisasi yang bentuknya semacam LDK bernama latar seni (Latihan Dasar Kesenian).

Kegiatan rutinitas tersebut diselenggarakan sekali dalam setahun atau dua tahun. pada kegiatan semacam itulah SMPM merekrut anggota secara selektif. Hingga kini tercatat SMPM memiliki anggota ratusan orang dan telah melahirkan seniman-seniman handal.

SMPM dalam melakukan kreativitasnya biasanya lebih memilih tema-tema yang merebak di masyarakat pada zamannya. Aktivitas di bidang kebudayaan adalah penelitian masalah kesenian baik seni tradisi maupun seni modern.

Selain aktif menyelenggarakan pertunjukan teater, tari, dan musik, organisasi ini lebih memprioritaskan aktivitasnya di bidang pertunjukan teater, penelitian, dan penerbitan.

Pada perayaan 44 tahun ini, SMPM mencoba membagi dua sesi kegiatan. Kabarnya, pada sore hari mulai pukul 15.30 Wita Reuni keluarga besar Sanggar Merah Putih Makassar dengan harapan hadir semua anggota yang ada di berbagai daerah di negeri tercinta ini. Ada di Jakarta, Surabaya, Bandung, Kalimatan, Ternate, Toli-toli, Gorontalo, Dll.

Sementara itu, malam harinya kegiatan kesenian berupa pertunjukan teater, pertunjukan musik, pertunjukan tari, pembacaan karya sastra dan bincang seni yang dihadiri oleh kelompok kesenian maupun seniman perorangan yang punya jaringan dengan SMPM.

Koordinator kegiatan Milad, "Ale Deep" membocorkan, yang akan memeriahkan acara keren ini antara lain UKM Seni Sang Dipa STIMIK DIPANEGARA Makassar, UKM Seni Budaya eSA UIN Alauddin Makassar, dan beberapa Penyair Makassar diantaranya Yudhistira Sukatanya, Asia Ramli Prapanca, Aliem Prasasti, Shinta Febriany, Wawan Mattaliu, Maysir, Damar Imanakku

“Kegiatan ini dilaksanakan di tempat yang sederhana dan alami RUMAH KECIL,” kata Djamal Dilaga salah satu mantan Ketua Umum SMPM (2006-2009).

Djamal mengajak seluruh keluarga besar SMPM untuk datang tuntaskan dendam rindu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar