Lestarikan Adat dan Budaya Daerah, Srikandi Balira' Gelar Silaturahm

KBRN, Makassar : Ketua Umum dan Ketua Pembina Srikandi Balira' sekaligus Permaisuri Raja Gowa Ke 38 Andi Hikmawati A. Kumala Idjo Petta Umba Karaeng Bainea Sukses melaksanakn Kegiatan Acara Silaturahmi Srikandi Balira' Lembaga adat kerajaan Gowa (16/05/22) bertempat di gedung Balira Kab. Gowa. 

Srikandi Balira' Lembaga Adat Kerajaan Gowa merupakan Pasukan Wanita Kerajaan Gowa yang bersenjatakan Balira' alat tenun yang di percaya dapat melumpuhkan lawan karna kekuatan ghaib dari alat tersebut, selain sebagai senjata juga di pakai untuk menolak ilmu-ilmu sihir, termasuk ilmu kebal dari musuh dan lain-lain. 

Menurut Kepercayaan, senjata ini tidak melukai hanya saja bilamana seseorang terkena pukulan balira, mereka tidak mendapat keselamatan dan akan menderita sakit seumur hidup. Jika musuh tau tentang senjata Balira' mereka akan lebih takut dan memilih berhadapan dengan senjata tajam atau senjata api. 

Srikandi Balira' diambil dari sejarah Pejuang wanita bernama I Fatima Daeng Takontu Garuda Betina dari timur, beliau adalah Anak dari I Mallombassang Daeng Mattawang Sultan Hasanuddin Raja Gowa Ke XIV. 

Sejak Usia Beliau I Fatima diberi Kepercayaan oleh Ayahnya untuk memimpin Pasukan Srikandi melawan penjajah, beliau membina kaum perempuan untuk bangkit melawan penjajah.

Pada kegiatan ini dirangkaikan dengan pengukuhan Komunita Monta' Bassi sekitar 40 orang yang merupakan pasukan tubarani yang setia mendampingi Kerajaan Gowa. 

Panitia Pelaksana Andi Putri We Tenrisukki Massarappi selaku Panitia mengatakan bahwa acara halal bi halal ini dibuat untuk mempererat silaturahmi dan bersinergi untuk melestarikan adat dan budaya daerah agar kita tidak kehilangan identitas. 

"Acara halal bi halal ini dibuat untuk mempererat silaturahmi dan bersinergi untuk melestarikan adat dan budaya daerah agar kita tidak kehilangan identitas," Ungkapnya. 

Hadir pada acara ini, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad, S.H., M.H., Andi Mappanyukki Datu Sawa, Andi Tenri Sassu A. Idjo Daeng Mattawang Karaeng Segeri Karaen Ta Pabbicara Butta Ri Gowa Mangkubumi Kerajaan Gowa, Datu Luwu XXXIX Andi Bau Iwan Djemma Baru'e, H. Andi Baso Hamid Ahmad Kepala Pemangku Adat Kerajaan Bone, Ir. Andi Irfan Mappaewang Arajang Binuang XVIII, Andi Bau Irman Mappanyukki Ketua Umum Wija Lapatau Raja Bone Ke 16, H. Andi Fahri Makkasau Karaeng Unjung Karaeng Simbang, Andi Abd Waris Tajuddin Karaeng Sioja Karaeng Marusu' beserta Perangkat Kerajaan dari berbagai daerah dan Ormas dan komunitas Pemerhati Adat dan Budaya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar