Kalla Sulsel Digelar Pada Haul, Mengenang 40 Tahun Wafatnya Haji Kalla & Hj Athirah

KBRN, Makassar : Memperingati 40 tahun wafatnya Hadji Kalla dan Hj. Athirah, KALLA sukses menggelar acara haul di Masjid Raya Makassar dengan ribuan partisipasi masyarakat yang dilaksanakan minggu ini. (15/5)Sebelumnya KALLA telah menggelar Simaan Hafalan AlQuran 30 Juz oleh Alumni PPTQ Masjid Fatimah sejak 12 hingga 14 Mei 2022 sebanyak 10 juz setiap harinya.

Rangkaian acara haul ini diantaranya terdiri dari, khataman Quran, pembacaan Ayat Suci AlQuran, pembacaan surat yasin & tahlil, sambutan keluarga oleh Jusuf Kalla, launching "Saudagar Sehati" oleh Ust. Das'ad Latief, pemutaran video testimoni keluarga dan kerabat almarhum, hikmah haul oleh Prof. Dr. KH Quraish Shihab dan lantunan doa-doa yang akan dipimpin oleh Ketua MUI Sulsel.

Acara ini menghadirkan Ust. Das'ad Latief yang membahas tentang bagaimana sejarah perjalanan Hadji Kalla dan Hj. Athirah dalam berkolaborasi membangun usaha dan mendidik putra-putri hingga menjadi Saudagar Sehati.

"Ada begitu banyak pelajaran yang bisa dipetik dari almarhum dan almarhumah, dari meniatkan segala usaha yang dilakukan untuk Allah SWT, memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan salah satunya memberikan minuman es lemon gratis bagi setiap pengunjung, hingga rajin dalam bersedekah, sehingga dapat menjadi inspirasi bagi pelaku-pelaku usaha khususnya generasi millenial," ungkapnya.

Sedangkan Prof. Dr. KH. Quraish Shihab juga menyampaikan ada begitu banyak keteladanan yang dapat diambil dan menjadi contoh untuk dilakukan, dimana salah satunya adalah ketaatan yang dimiliki oleh almarhum dengan ketegasan dalam menolak perbuatan maupun keputusan yang berbanding terbalik dari ajaran-ajaran islam.

"Kalau kita berbicara tentang Hadji Kalla dan Hj Athirah pada orang-orang yang mengenal beliau pasti kita akan memiliki banyak hal-hal istimewa, dan itu karena beliau beragama dengan baik, beragama dengan sangat teliti, dan nilai-nilai inilah yang ditanamkan hingga kedalam perusahaan sehingga bisa mencapai usia 70 tahun," ungkapnya.

Prof. Dr. KH. Quraish Shihab juga menantikan perusahaan KALLA dapat memasuki usia hingga 700 tahun dengan pesan untuk keluarga dan seluruh karyawan agar seluruh nilai-nilai yang ditanamkan oleh pendiri senantiasa dipelihara dan dijaga dengan baik.Selanjutnya dilanjutkan dengan perwakilan keluarga oleh H.M Jusuf Kalla yang menyampaikan harapan agar moment mengenang 40th wafatnya Hadji Kalla dan Hj. Athirah ini bisa menjadi inspirasi dan teladan akan amal-amal baik yang pernah dilakukan. 

Terutama dalam melakukan ibadah dengan ketaatan kepada agama, menjalankan bisnis yang maju dan turut serta dalam mengembangkan perekonomian masyarakat. "Terima kasih bagi seluruh keluarga besar, para pemimpin, tokoh masyarakat dan masyarakat umum yang telah meluangkan waktu dan berkenan hadir untuk memanjatkan doa-doa kepada bapak Hadji Kalla dan Ibu Hj Athirah. Semoga segala doa kita dan ayat-ayat suci Al Quran yang dilantunkan bisa memberikan limpahan keberkahan bagi kita semua," ungkapnya.

Dalam acara ini turut hadir Mayjen TNI Andi Muhammad selaku Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Irjen Pol Nana Sudjana selaku Kapolda Sulawesi Selatan, Raden Febrytriyanto selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, Andi Ina Kartika Sari selaku Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. H. Moh. Ramdhan Pomanto selaku Walikota Makassar.

Haul ini juga dihadiri oleh beberapa Kepala Daerah Sulsel, ketua MUI Sulawesi Selatan, Rektor Unhas, Rektor UMI, beberapa pimpinan dari relasi Bank dan Organisasi Islam, Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimnda) tingkat provinsi dan kabupaten kota, kerabat dan sahabat almarhum, alim ulama, karyawan Kalla Group dan PSBM (Persatuan Saudagar Bugis Makassar), serta masyarakat umum lainnya.

Beberapa pengunjung yang berpartisipasi dalam acara haul ini juga mendapatkan buku "Saudagar Sehati" yang akan membahas dan menceritakan bagaimana perjalanan pak Hadji Kalla dan Ibu Athirah dalam menjalani kehidupannya dan memberikan inspirasi bagi banyak orang.

Seluruh rangkaian kegiatan haul yang dilaksanakan secara tatap muka langsung ini senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 selama kegiatan berlangsung, sehingga seluruh tamu undangan dan masyarakat yang menghadiri acara haul ini selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Selain itu pihak penyelenggara juga menghadirkan kumpulan-kumpulan video kesan dan pesan oleh keluarga dan kerabat dekat dari almarhum dan almarhumah, sehingga membuat suasana menjadi lebih haru.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar