Tim LPPM UNIBOS Melakukan Program Pengembangan Desa Mitra Di Desa Laguryda Takalar

KBRN, Takalar : Sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat, Dosen Universitas Bosowa (Unibos) Jufriadi, MT bersama Mussawir, Rahmawati Rahman dan Rudi Latief serta Mahasiswa Unibos lakukan program pengembangan desa mitra di Desa Laguruda Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diperuntukan untuk industry rumah tangga desa mitra yang berlangsung selama dua hari, Kamis (20/01/2022). 

Kegiatan ini diperuntukan dengan tujuan untuk mewujudkan usaha kecil rumah tangga dalam memanfaatkan potensi yg ada didesa (rumput laut dan kepiting rajungan) hasil nelayan di desa  dan berdampak pada meningkatkan penghasilan tambahan dengan membentuk 12 mitra desa yg ada di 5 dusun untuk pengembangan home industri khususnya. 

Target sasaran kegiatan ini yaitu masyarakat pesisir atau nelayan yang ada di desa Laguruda. Beberapa proses dan tahapan kegiatan yang dilakukan termasuk membuat produk kripik rumput laut, kripik kepiting rajungan dan cairan pencuci piring.

Jufriadi MT mengungkapkan antusias masyarakat dalam mengikuti kegiatan ini. “Antusias masyarakat sangat besar dalam mengikuti Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) yang di fasilitas oleh KEMENDIBUDRISTEKDIKTI dan LPPM UNIBOS  serta pemerintah Desa Laguruda Kab.Takalar. 

Kurniadi, S.Pd selaku Koordinator Mitra Desa Laguruda juga menuturkan beberapa tanggapannya terkait pelaksanaan kegiatan ini. “Kehadiran PPDM di Desa Laguruda dapat memotivasi pemuda dan ibu-ibu dalam membuka usaha rumahan dan memberikan apresiasi yang luar biasa atas kehadiran tim LPPM Unibos di Desa Laguruda. Kami sangat terbantu untuk bisa meningkatkan pendapatan keluarga dan pemahaman tentang mitigasi bencana pada daerah pesisir, "tuturnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar