Tahun 2021 Unhas Bangun Hotel dan Convention Center dengan Pengelolaan Profesional

KBRN, Makassar : Sebagai lembaga pendidikan, suasana belajar yang kondusif menjadi mutlak dipenuhi oleh Unhas. Kualitas pendidikan yang menjadi jaminan atas peran dan kontribusi Unhas pada kemajuan bangsa harus ditopang dengan ketersediaan sarana dan prasarana. Kampus sebagai rumah yang nyaman bagi sivitas akademika perlu dijaga dengan mengedepankan keseimbangan fisik dan non-fisik.

Direktur Komunikasi Unhas, Ir. Suharman Hamzah, Ph.D menjelaskan bahwa lingkungan fisik dan suasana sosial diperlukan untuk mendukung kreativitas dan inovasi sebagai adaptasi terhadap perubahan global khususnya di ranah pendidikan. Produktivitas kerja sivitas akademika kian meningkat jika dibarengi dengan penyediaan atmosfer yang tepat untuk mencapai kinerja dan prestasi serta mendapatkan rekognisi nasional dan internasional. 

“Kebutuhan yang selalu berubah dan bertumbuh sesuai perkembangan waktu harus terus diadaptasi oleh tata kelola Unhas,” kata Suharman.

Fasilitas, aset dan infrastruktur kampus tidak mungkin dibangun hanya dengan mengandalkan anggaran dari pemerintah. Penyesuaian anggaran pemerintah, terutama selama masa pandemi, mendorong Unhas untuk mengambil langkah inovatif dalam melengkapi ketersediaan infrastruktur dan fasilitas.  Unhas mengoptimalkan jejaring dan mitra strategis.

“Pada tahun 2021, sejumlah fasilitas dibangun dengan alokasi anggaran internal dari hasil usaha Unhas. Selain itu, Unhas juga membangun dan mengembangkan aset yang dimiliki sebagai unit usaha bisnis.” Kata Suharman.

Unhas yang mengembangkan tugas riset, pengembangan sains dan teknologi selalu melakukan kegiatan berskala regional, nasional dan internasional. Untuk itu, perlu tempat dan akomodasi yang nyaman bagi unsur akademisi secara khusus dan masyarakat secara umum. 

Unhas telah menyelesaikan pembangunan hotel, convention dan training center yang berlokasi di area sekitar danau Unhas. Hotel berlantai 8 yang dilengkapi 78 kamar berbagai tipe, ballroom berkapasitas 1.000 orang, serta tempat parkir yang luas akan segera difungsikan di triwulan pertama tahun 2022 ini.  Pengelolaan hotel akan dilakukan profesional yang menggandeng mitra operator hotel berpengalaman. 

Selain hotel, juga dilakukan pembenahan berupa renovasi dan pembangunan kembali Gedung Pertemuan Tamarunanga yang terletak di ex-kampus Unhas Sunu. The New Tamarunanga telah digunakan oleh sivitas akademika Unhas dan masyarakat umum.

Fasilitas lain yang dikembangkan adalah Kawasan Tambak Unhas di Desa Bojo Kabupaten Barru. Ini diawali dengan pengoperasian tambak intensif sebanyak dua petak seluas 1 hektar.  Juga dikembangkan tambak mini dari kolam terpal bundar sebanyak 10 unit untuk budidaya Ikan Nila dan udang Vannamei supra intensif dengan teknologi biofloc. 

Selain itu, sarana aquaponik skala mini yang sekaligus menjadi demplot pengembangan budidaya ikan dan sayuran secara terintegrasi. Pada lokasi ini pula telah dilakukan revitalisasi sarana eduwisata dengan menghadirkan mangrove track yang dilengkapi berbagai spot foto yang instagramable. 

“Kawasan Tambak Unhas tidak hanya berkontribusi pada peningkatan pendapatan Unhas dari sektor pengelolaan aset, namun juga mendukung kegiatan riset dan pembelajaran bagi mahasiswa, penelitian dan masyarakat. Hal ini telah dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa dan peneliti dari berbagai perguruan tinggi serta siswa kejuruan di kawasan timur Indonesia,” kata Suharman.

Untuk melengkapi sarana kolam renang, telah pula dibangun kiddy pool. Ini akan mendukung fungsi kawasan Unhas semakin lengkap dan banyak aktivitas. Kawasan Unhas sebagai sarana olahraga, seni, budaya, dan rekreasi (space).

Dalam rangka mendukung Unhas sebagai world class university, pada tahun 2021 dikembangkan fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan hunian bagi mahasiswa maupun peneliti asing. Sebanyak 82 kamar yang merupakan bagian dari unit Asrama Mahasiswa (Ramsis) telah dikembangkan fasilitasnya dan disiapkan untuk dapat menjadi dormitori mahasiswa internasional. Penggunaan fasilitas tersebut telah diuji coba pada mahasiswa peserta merdeka belajar yang berasal dari kampus-kampus di Sumatra dan Jawa pada bulan November sampai Desember 2021. 

Pengembangan infrastruktur Unhas multi kampus juga terus menggeliat. Dengan dukungan pemerintah kabupaten setempat, penataan dan pembangunan kampus terus berlangsung di Kampus Unhas Sidrap, Kampus Unhas Soppeng, Kampus Unhas Selayar, dan Kampus Unhas Barru.

Rumah Sakit Unhas juga masih melanjutkan penyelesaian pengembangan melalui Grant Kredistantalt fur Wiederwaufbau (KfW) dari Jerman. Pekerjaan yang dilaksanakan di tahun 2021 lalu antara lain: pengadaan alat-alat kesehatan, telemedicine, hospital management information system, serta lanjutan gedung parkir.  

“Banyak fasilitas pendukung lain yang dibangun di unit kerja Unhas yang semuanya diarahkan pada dukungan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kenyamanan sebagai rumah bersama sivitas akademika Unhas,” kata Suharman.

Pengembangan berbagai sarana pendukung pembelajaran, penelitian dan pengembangan kemahasiswaan di setiap unit kerja Unhas juga tidak dilupakan.(*/ir)

*Sarana dan Prasarana Yang Dibangun Unhas pada 2021:*

1. Hotel, Convention, and Training Center.2. Gedung Pertemuan The New Tamarunanga.3. Kawasan Tambak Unhas di Desa Bojo, Kabupaten Barru.4. Kiddy Pool, di kawasan Kolam Renang Unhas.5. Dormitory Standar Internasional.6. Beberapa Sarana dan Prasarana di fakultas/unit kerja:

- Student Center, Fakultas Teknik- Inkubator Teknologi, Fakultas Teknik- Masjid Kampus, Fakultas Teknik- Sport Center, Fakultas Hukum- Kawasan Eduwisata Riset, Fakultas Kehutanan- Inkubator Bisnis, Fakultas Pertanian- Inkubator Bisnis, Fakultas Peternakan- Fasilitas Gedung, Fakultas Ekonomi dan Bisnis- Kantin, Fakultas Ilmu Budaya- Fasilitas Ruang Menyusui (ASI), Fakultas Keperawatan- Apotek, Fakultas Farmasi.- Dental Center, Fakultas Kedokteran Gigi- Cafe, Fakultas Kedokteran.- Ruang Perkuliahan dan Laboratorium, Fakultas MIPA.- Ruang Dekanat dan Perkuliahan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan.- Persiapan Pembangunan Halal Center, Fakultas Kesehatan Masyarakat.- Lanjutan Pembangunan Gedung Perkuliahan 7 Lantai, FISIPOL.- Mushollah, Sekolah Pascasarjana.

7. Pengembangan Infrastruktur Unhas Multikampus:

- Penataan dan Pengembangan Ruang Kuliah di Kampus Unhas Sidrap.- Pembangunan Ruang Kuliah di Kampus Unhas Soppeng.- Renovasi dan Detail Engineering Desain (DED) Ruang Kuliah di Kampus Unhas Selayar.- Renovasi Kampus Unhas Barru.

8. Penyelesaian pembangunan Rumah Sakit Unhas melalui grant Kredistantalt fur Wiederwaufbau (KfW).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar