264 Taruna Polimarim 2021 Digembleng dalam Diksar Bela Negara di Rindam XIV Hasanuddin

foto 264 Taruna Polimarim 2021 Digembleng dalam Diksar Bela Negara di Rindam XIV Hasanuddin

KBRN, Makassar : Sebanyak 264 taruna-taruni Politeknik Maritim (Polimarim) AMI Makassar mendapatkan pendidikan dasar (Diksar) Bela Negara di Resimen Induk Kodam (Rindam) XIV Hasanuddin, Pakatto, Kecamatan Bonto Marannu, Kabupaten Gowa.

Pembukaan kegiatan Diksar Bela Negara Polimarim AMI Makassar ini dilangsungkan di Aula Rindam XIV Hasanuddin, Senin (6/12/2021). Diksar ini akan berlangsung selama 5 (lima) hari hingga Jumat (6-10/12/2021).

Acara pembukaan Diksar Bela Negara Polimarim tahun 2021 ini dipimpin inspektur upcara Komandan Rindam XIV Hasanuddin Kol Inf Ganda Simatupang SE. 

"Kepada Direktur Polimarim, saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Kodam XIV Hasanuddin melalui Rindam XIV Hasanuddin untuk membekali taruna-taruni dalam Diklat Bela negara ini,” kata Kolonel Ganda.

Hadir dalam acara pembukaan Komandan Dodik Bela Negara Letkol Inf Andi Paduppai beserta jajaran dari Rindam XIV Hasanuddin. Tampak pula Direktur Polimarim AMI Makassar Amrin Petta Rani SE MM, beserta jajarannya.

“Saya menyambut positif kegiatan ini, mengingat bela negara merupakan bagian dari pendidikan Kewarganegaraan yang diarahkan untuk menanamkan kepada setiap warga negara termasuk taruna-taruni Polimarim,” ujar Ganda.

“Dengan demikian kalian diharapkan memiliki bekal yang memadai, guna mempersiapkan diri menjadi generasi muda harapan bangsa dalam mengabdi kepada bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia, lanjutnya.

Dengan Diksar Bela Negara ini, diharapkan nantinya taruna-taruni Polimarim AMI Makassar memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi kepada negara atau self of belonging dan jiwa nasionalisme.

Jumlah peserta 264 orang taruna-taruni, terdiri dari empat prodi yakni Transportasi Laut 70 orang, Manajemen Pelabuhan 40 orang, Permesinan Kapal 63 orang, dan Studi Nautika 92 orang.

Sementara itu, Direktur Polimarim AMI Makassar Amrin Rani mengatakan, tujuan dari Diksar Bela Negara ini tak lain agar taruna dalam mengawali pendidikan menjadi taruna yang disiplin, terampil, bertanggung jawab, dan berwawasan kebangsaan dengan kondisi jasmani yang baik.

“Program kegiatan kampus dalam bentuk Diksar Bela Negara ini merupakan upaya untuk menumbuhkan taruna-taruni yang disiplin, terampil, bertanggung jawab, dan berwawasan kebangsaan,” ujar Amrin.

Selain itu, lanjut Amrin, dengan mengikuti Diksar Bela Negara ini semakin memantapkan dan menumbuhkan kesadaran serta semangat bela negara, khususnya bagi taruna-taruni Polimarim AMI Makassar.

Materi Diksar

Pada kesempatan itu, Dandodik Bela Negara Rindam XIV Hasanuddin Letkol Inf Andi Paduppai mengatakan, taruna akan mendapatkan pendampingan dari pelatih-pelatih selama Diksar Bela Negara.

Andi Paduppai menambahkan ada sejumlah materi atau menu latihan yang diberikan untuk taruna-taruni baru Polimarim 2021 dalam kegiatan peraturan militer dasar (Permildas).

Jenis materi yang diberikan seperti; peraturan baris-berbaris (PBB), peraturan penghormatan militer (PPM), tata upacara militer (TUM).

Peraturan Disiplin Taruna (PDT), olahraga militer, senam kesegaran jasmani, hingga long March. Selain itu juga diberikan materi-materi dalam kelas seperti wawasan kebangsaan.

Rindam XIV Hasanuddin merupakan markas pendidikan dan latihan bagi anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat baik dari level bintara maupun tamtama di jajaran Kodam XIV Hasanuddin. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar