Warga Kabupaten Mamuju Mulai Didata untuk KMK

KBRN, Mamuju : Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) Kabupaten Mamuju, telah melakukan pendataan lapangan untuk keperluan Kartu Mamuju Keren (KMK).

Kepala Bidang Aplikasi dan informatika, Diskominfo Kabupaten Mamuju, Rahmatullah Andi Syahruddin Azasi mengatakan, KMK adalah program utama bupati dan wakil bupati Mamuju.

"Pendataan secara langsung di kelurahan di empat kecamatan, yakni Mamuju, Simboro, Kalukku dan Tapalang, mulai dilaksanakan pada Sabtu, kemarin, targetnya dua minggu," kata Rahmatullah, Senin 6 Desember.

Sedangkan pendataan di desa dilakukan bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mamuju, untuk mempercepat pendataan.

"Mungkin masyarakat banyak bertanya, apa itu kartu mamuju keren. Kartu mamuju keren itu berisi data kepala keluarga dan anggota keluarga. Kondisi tempat tinggalnya dan sebagainya. Kartu ini berbasis digital," sebutnya.

Menurutnya, Pendataan dilakukan dari desa dan, kelurahan. Setelah itu langsung diverifikasi di Diskominfo. Manfaat kartu Mamuju keren karena akan terkoneksi dengan fasilitas kesehatan jika tidak terakomodir dengan JKN-KIS, bantuan sosial, pendidikan, pertanian peternakan, perkebunan.

"Intinya untuk mempermudah masyarakat mendapat layanan. Petugas untuk pendataan di lapangan kita bekerja sama dengan bagian pemerintah untuk merekrut orang di lapangan. Mamuju dan Simboro itu 101 orang. Kalukku dan tapalang sekitar 60 orang," ungkapnya.

Ia mengaku, KMK diberikan kepada setiap KK di Mamuju. Untuk tahun ini bakal dicetak untuk 30 ribu KK. Insya allah tahun depan ada 20 ribu KK lagi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar