Cegah Gelombang Tiga Covid-19 Jelang Nataru, Polres Maros Genjot Percepatan Vaksinasi

KBRN, Maros : Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo intruksikan seluruh jajaran Polri yang bertugas di Nusantara agar melakukan langkah antisipasi gelombang ketiga pandemi Covid-19.

Instruksi tersebut telah diimplementasikan jajaran Polri yang bertugas di Polres Maros, yakni gencar melaksanakan percepatan vaksinasi massal, Sabtu (27/11/2021).

Kegiatan vaksinasi massal yang digelar di salah satu Aula Mapolres Maros diikuti kaum remaja, orang dewasa, kaum lansia hingga penyandang disabilitas.

Dan vaksinasi yang diberikan oleh para vaksinator diperuntukkan bagi dosis pertama dan dosis kedua dengan kategori vaksin Sinovac, Astrasenecca dan moderna.

Usai memantau pelaksanaan vaksinasi, 

Kapolres Maros AKBP Facthur Rochman menjelaskan percepatan vaksinasi ini, dilaksanakan guna membantu masyarakat dalam pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok untuk mencegah paparan virus corona.

"Kami kembali melaksanakan vaksinasi serentak di sejumlah kecamatan yang berada wilayah hukum Polres Maros, dengan target 1500 dosis vaksin" jelas Facthur.

Mengacu instruksi Kapolri jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, percepatan vaksinasi akan terus digencarkan oleh jajaran kepolisian bekerja sama dengan Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat.

"Instruksi bapak Kapolri terkait Nataru, untuk percepatan vaksinasi ditargetkan akhir tahun ini adalah 70 persen. Dan  untuk maros, kami telah melaksanakan kegiatan vaksinasi terhitung 30 persen," tutur Kapolres Maros.

Facthur Rochman menuturkan pihaknya akan terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi tiap harinya tentunya tidak terlepas dari dukungan unsur tiga pilar.

"Ini tentunya tidak terlepas dari dukungan unsur tiga pilar, TNI-Polri dan pemda melalui dinas kesehatan, dengan harapan pada bulan Desember target bisa dapat tercapai di Provinsi Sulsel khususnya di maros sehingga herd immunity masyarakat dapat terbentuk," ungkapnya

Pada pelaksanaan vaksinasi massal tersebut antusias masyarakat untuk mendapat suntikan vaksin sangat tinggi

"Setiap hari, kami lakukan vaksinasi baik itu di polres maros dengan tersedianya gerai presisi yang ada maupun pelaksanaan disetiap kecamatan di wilayah kami" urainya.

Selain itu, kami juga melakukan vaksinasi jemput bola, guna membantu mempermudah masyarakat dalam mendapatkan vaksin.

"Apa yang dilakukan personil Bhabinkantibmas Polsek Mallawa, sangat saya apresiasi, dimana mau dampingi masyarakat kaum Disabilitas Tuna Netra untuk mendapatkan layanan vaksinasi. Langkah seperti ini yang dikatakan vaksinasi jemput bola, dan kita akan tetap lakukan hal tersebut hingga seluruh masyarakat Maros tuntas akan vaksinasinya" harapnya.

Sebelumnya, Ilham masyarakat kaum Disabilitas Tuna Netra asal Kecamatan Mallawa, apresiasi perhatian yang telah dicurahkan personil Bhabinkamtibmas Polsek Mallawa terhadap dirinya.

"Saya dijemput dan dibawa Bapak Aditya untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi di Mapolres Maros ini. Pasalnya semenjak vaksinasi digelar, saya tidak pernah dibawa untuk mendapatkan imunisasi kekebalan tubuh dari serangan virus corona karena dirinya orang buta. Dan saya sangat bahagia, hari ini saya bisa mendapatkan vaksinasi. Terima kasih Bhabinkamtibmas Polsek Mallawa dan Kapolres Maros sehingga saya merasa sehat dengan adanya suntikan vaksin ini", pungkasnya senang.

Untuk Kabupaten Maros, pencapaian vaksinasi belum mencapai 40 persen, dan jajaran TNI - Polri serta pemerintah daerah terus berupaya, akhir tahun 2021 capaian vaksinasi bisa menyentuh 70 persen sesuai harapan pemerintah pusat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar