Fakultas Kedokteran Gigi Unhas Gelar Pengabdian Masyarakat di Kepulauan Tanakeke Takalar

foto Fakultas Kedokteran Gigi Unhas Gelar Pengabdian Masyarakat di Kepulauan Tanakeke Takalar

KBRN, Makassar : Program Studi Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial bersama Program Studi Spesialis Periodonsia Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk Bakti Sosial (Baksos) di Desa Tompotana, Kepulauan Tanakeke, Kabupaten Takalar, Rabu (24/11).

Baksos dilaksanakan sebagai implementasi Tridarma Perguruan Tinggi. Kegiatan dirangkaikan dengan penyuluhan kesehatan gigi dalam bidang periodonsia, penyuluhan kesehatan gigi dalam bidang bedah mulut dan maksilofasial, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut serta pencabutan gigi.

Rombongan Baksos FKG Unhas diterima dan dilepas langsung oleh Ketua Tim Penggerakn PKK Kabupaten Takalar, Dr. Hj. Irma Andriani Syamsari, S.Pi., M.Si.

Ketua Program Studi Periodonsia FKG Unhas, Prof. Dr. Sri Oktawaty, drg., Sp.Perio(K)., dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan atas kolaborasi dari dua Program Studi Spesialis beserta para dosen FKG Unhas. Tujuan kegiatan ini adalah mendiseminasikan keilmuan bidang kedokteran gigi kepada masyarakat umum. 

Lebih lanjut, beliau menambahkan melalui bakti sosial tersebut diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat umum, khususnya di wilayah Kabupaten Takalar.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FKG Unhas, Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K)., memberikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Takalar, khususnya Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Takalar yang telah memberikan kesempatan melaksanakan pengabdian. 

Prof. Ruslin berharap semoga hadirnya FKG Unhas di Kabupaten Takalar bisa memberikan manfaat khususnya dalam bidang kesehatan gigi dan mulut, sehingga kehadiran Unhas sebagai humaniversity semakin dirasakan oleh masyarakat.

“Ada hal baru pada bakti sosial kali ini. Tim kami tidak hanya memberikan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut, tetapi juga memberikan penyuluhan tentang laut bersih melalui Ecobrick yang disampaikan oleh Prof. Mansjur Nasir, drg., Ph.D., yang merupakan salah seorang Guru Besar FKG Unhas”, kata Prof. Ruslin.

Peserta bakti sosial berjumlah 40 orang yang dipimpin langsung oleh Dekan FKG Unhas (Prof. Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) dan didampingi Ketua Program Studi Periodonsia (Prof. Dr. Sri Oktawaty, drg., Sp.Perio(K) dan Ketua Program Studi Bedah Mulut dan Maksilofasial (Andi Tajrin, drg., M.Kes., Sp.BM(K) serta para staf dosen FKG Unhas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar