Penutupan Pelatihan Fungsional Perencana Ahli Pertama Angkatan I di Unhas

KBRN, Makassar : Setelah berlangsung selama tujuh pekan pembelajaran secara daring melalui aplikasi zoom meeting, Pelatihan Perencana Ahli Pertama Angkatan I resmi ditutup.  Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Universitas Hasanuddin melalui Pusat Pengembangan Kebijakan Pembangunan (P2KP) dengan Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) Bappenas. 

Seremoni penutupan berlangsung mulai pukul 10.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Jumat (22/10) yang diikuti oleh seluruh peserta yang telah mengikuti pelatihan.

Ketua P2KP Unhas Prof. Dr. Sangkala, M.Si., melaporkan pelaksanaan pelatihan fungsional ini telah berlangsung lancar dengan pemberian materi pembelajaran melalui aplikasi zoom meeting. Pelatihan telah dimulai sejak Senin (06/09) hingga hari ini Jumat (22/10) yakni terhitung selama tujuh pekan. Selama periode tersebut, telah disajikan 168 sesi yang setara 136 jam pembelajaran.

“Pelatihan diikuti sebanyak 20 peserta yang tergabung dari lembaga nasional dan instansi pemerintah kabupaten di Sulawesi Selatan. Peserta telah melaksanakan pelatihan dengan baik pada hasil persentase 100% peserta telah mengikuti keseluruhan kurikulum pembelajaran,” jelas Prof. Sangkala.

Pada kesempatan yang sama, salah satu perwakilan peserta pelatihan Angkatan I, Muh. Alfian memberikan menyampaikan pesan dan kesannya, Ia menuturkan bahwa sebagai peserta kegiatan ini merupakan suatu kesempatan yang baru dan menjadi tantangan tersendiri yang dihadapi dalam melakukan diskusi melalui aplikasi zoom meeting.

“Tiap hari kami bergelut di depan laptop dari pagi hingga malam hari, tetapi itu tidak lain merupakan bentuk keseriusan kami mengikuti pelatihan ini, apalagi kami terbagi dalam tiga zona waktu. Kami berharap akan mendapatkan hasil yang memuaskan dan menjadi ASN yang unggul dan profesional,” kata Muh. Alfian.

M. Ali Muharam, S.IP., M.S.E., M.A (Koordinator POKJA Diklat Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana Bappenas) menyampaikan terima kasih atas kerja sama Unhas dalam pelaksanaan pelatihan ini dan kepada peserta yang telah menyelesaikan pelatihan dengan sangat baik. Dalam pelaksanaan secara online tentu bukan hal yang mudah untuk dilalui, namun akan menjadi prestasi yang membanggakan oleh para peserta  karena  sudah berhasil menyelesaikan semua sesi dan dinyatakan lulus.

“Semoga pada masa mendatang pelatihan dan program pendidikan Unhas bisa dikembangkan lagi dalam bentuk pelatihan spesifik lainnya.  Kami juga berharap para peserta yang datang dari berbagai instansi yang berbeda tetap dapat saling bersinergi satu sama lain,” jelas Ali Muharram.

Kegiatan resmi ditutup oleh Sekretaris Universitas, Prof. Dr. Ir. Nasaruddin Salam, MT. Beliau berharap para peserta yang mengikuti pelatihan dapat meningkatkan kemampuan, kompetensi, dan wawasan, sehingga menjadi ASN yang memiliki jiwa profesionalitas dalam mengembangkan diri untuk pencapaian karir yang lebih tinggi lagi. Beliau juga berharap pelaksanaan pelatihan pada Angkatan I ini dapat menjadi perbaikan dan pengembangan untuk pelatihan pada angkatan selanjutnya. 

Kegiatan berlangsung lancar dan dihadiri oleh seluruh peserta Pelatihan Fungsional Perencana Ahli Pertama Angkatan I hingga pukul 11.30 Wita.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00