Fakultas Peternakan Unhas Bahas Inovasi Teknologi Nutrisi dan Pakan dalam Seminar Nasional 

KBRN, Makassar : Departemen Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin bersama Asosiasi Ahli Nutrisi dan Pakan Indonesia (AINI) Wilayah Sulawesi Selatan menyelenggarakan seminar nasional bertema "Inovasi Teknologi Nutrisi dan Pakan untuk Pengembangan Peternakan Rakyat". 

Kegiatan berlangsung mulai pukul 08.30 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan terhubung melalui kanal Youtube Fakultas Peternakan, Kamis (21/10).

Hadir sebagai keynote speaker yakni drh. Agus Sunanto, MP., (Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani).

Adapun narasumber lainnya yakni, Prof. Dr. Ir Asmuddin Natsir, M.Sc., (Guru Besar Departemen Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan Unhas) dan Dr. Ir. Wira Wisnu W., S.Pt., M.Si.,IPU., (Technical Director PT. Nutricell Pacific).

Mengawali kegiatan, Ketua Panitia M. Fadhlirrahman Latief, S.Pt., M.Si., dalam laporannya menjelaskan kegiatan tersebut akan diisi dengan presentasi pemakalah penunjang yang telah berhasil terkumpul sebanyak 65 makalah dan terdapat 15 makalah dari Unhas. Seminar Nasional diikuti sebanyak 200 orang peserta yang terdiri dari dosen, peneliti, mahasiswa, dan profesional yang berasal dari berbagai universitas dan instansi di Indonesia. Para peserta terbagi ke dalam pembagian kelompok untuk mempresentasikan makalah yang akan diterbitkan dalam bentuk prosiding ber-ISBN.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Departemen Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan Unhas, Dr. Ir. Rohmiyatul Islamiyati, MP., menyatakan tema dari seminar nasional yang diusung dapat menciptakan gagasan dan ide-ide penelitian, terutama dari bidang nutrisi untuk meningkatkan produktivitas ternak. Dengan demikian akan mendukung pada pencapaian  swasembada  daging yang sudah lama dicanangkan selama ini.

Prof. Dr. Ir. Jasmal A. Syamsu, M.Si., IPU, ASEAn Eng., selaku Ketua AINI Sulsel menyampaikan bahwa seminar nasional ini telah dicanangkan menjadi kegiatan rutin yang akan bekerja sama dengan berbagai universitas lainnya. Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi para dosen dan mahasiswa terutama pada publikasi ilmiah. 

“Kita sangat apresiasi semangat para peserta, apalagi sebagian besar adalah mahasiswa S1 yang akan mempresentasikan hasil penelitian yang dilakukan untuk penyusunan skripsi, sehingga dengan  harapan dapat terpublikasi dengan baik,” jelas Prof. Jasmal.

Kegiatan resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Peternakan, Prof. Dr. Ir. Lellah Rahim. M.Sc., IPU. ASEAN Eng., menyampaikan ungkapan terima kasih dan ucapan selamat kepada  seluruh pihak yang telah berkontribusi pada bidang penelitian nutrisi untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam pengembangan peternakan rakyat.

Keynote speaker, drh. Agus Sunanto, MP., membahas kebijakan nutrisi dan teknologi di Indonesia. Beliau menjelaskan bahwa kebijakan pakan di Indonesia telah fokus pada Food Security yakni dalam hal menjamin ketersediaan pakan unggas dan pakan ruminansia dan Food Safety yaitu peningkatan jaminan mutu dan keamanan pakan yang diproduksi dan diedarkan.

Selanjutnya, , Prof. Dr. Ir Asmuddin Natsir, M.Sc., membahas materi aplikasi teknologi pakan dalam pengembangan ternak ruminansia di peternakan rakyat, dan materi oleh Dr. Ir. Wira Wisnu W., S.Pt., M.Si.,IPU., membawakan materi terkait teknologi mutakhir dalam pakan imbuhan ternak unggas. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00