Webinar Series 14: Catastrophic Health Expenditure and Ageing in Indonesia

KBRN, Makassar : Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Webinar Diaspora Series 14 dengan tema “Catastrophic Health Expenditure & Ageing in Indonesia”.

Kegiatan yang menghadirkan Narasumber Dr. Gindo Tampubolon (Lecturer in Global Health, The University of Manchaster) sebagai narasumber berlangsung mulai 16.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Jumat (24/9).

Dr. Gindo Tampubolon menjelaskan bahwa saat ini masih banyak keluarga di Indonesia yang memilih untuk tinggal bersama orang tua atau menemani keluarga yang sudah memasuki usia lanjut (lansia). Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan keluarga untuk tetap memperhatikan asupan konsumsi dan kebutuhan pelayanan kesehatan.

“Ini hal yang patut kita syukuri, bagaimana kita masih bisa memiliki dan meluangkan waktu untuk memastikan kesejahteraan orang tua, sebagai upaya mengantisipasi biaya perawatan kesehatan tindak lanjut mereka,” jelas Dr. Gindo

Keadaan tersebut sejalan dengan capaian tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) pada poin ketiga, yakni dengan memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan untuk semua usia.

Lebih lanjut, Dr. Gindo menjelaskan bahwa hal yang paling utama adalah bagaimana orang tua bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang aman dan nyaman. Program layanan kesehatan yang dihadirkan pemerintah diharapkan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai kebijakan yang dapat meningkatkan pembangunan derajat kesehatan bersama.

“Penguatan layanan kesehatan juga diharapkan dapat menjadi sistem yang akan melindungi keluarga dalam rencana pembiayaan, serta dapat berjalan secara efektif dengan membidik sasaran yang tepat, sehingga secara efisien dapat memberikan subsidi fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia," tambah Dr. Gindo.

Setelah pemaparan materi, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi. Kegiatan yang dipandu oleh Nur Arifah, SKM, MA., selaku moderator diikuti kurang lebih 300 peserta dan berlangsung lancar hingga pukul 17.30 Wita.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00