Bupati dan Wabup Maros Gelar Aksi Bersih Pantai

KBRN, Makassar : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros mendukung penuh World Cleanup Day (WCD) atau aksi bersih-bersih sedunia yang dilaksanakan mulai 12 hingga 24 September 2021.

Sebagai wujud dukungan terhadap gerakan tersebut, Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam dan Wakil Bupati Suhartina Bohari menggelar kegiatan aksi bersih-bersih yang dipusatkan di Kantor Camat Maros Baru, Jumat (23/09/2021).

Bupati Maros Chaidir Syam mengungkapkan kegiatan ini bertujuan mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk memiliki kesadaran membersihkan, menjaga dan memelihara lingkungan. Menurutnya, ini adalah langkah untuk memerangi sampah.

“Bersamaan dengan WCD, hari ini kita sudah mengeluarkan surat edaran untuk Jumat bersih,” ungkap Chaidir dilansir dari Marosnews.

Chaidir menjelaskan, untuk pengelolaan sampah di Maros, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan memotivasi dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bagaimana memilah sampah.

“Kita akan adakan bank-bank sampah ditiap desa. Masyarakat harus bisa memilah sampah, mana sampah plastik yang bisa di daur ulang dan mana sampah yang bisa dijadikan pupuk,” sebut Chaidir.

Meskipun begitu, untuk sampah yang membludak di TPA, Chaidir juga akan mengambil langkah.

Mantan Ketua DPRD Maros itu mengaku akan melakukan pembebasan lahan seluas satu sampai dua hektar.

“Kita akan adakan pembenahan kedepannya, selain itu kita juga akan lakukan pembebasan lahan untuk menambah lokasi lahan TPA,” tuturnya.

Terpisah, Plt Kadis DLH Andi Rusman mengungkapkan akan merubah paradigma lama masyarakat.

“Prinsip masyarakatkan kumpul sampah lalu buang, kita akan ubah kumpul sampah lalu daur ulang,” ungkap Rusman.

Rusman juga mengungkap, program kebersihan lingkungan ini semoga tidak hanya jadi kegiatan tahunan.

Dirinya berharap, program kebersihan lingkungan bisa menjadi kebiasaan masyarakat.

Kegiatan WCD juga dirangkaikan dengan pembagian secara simbolis 50 unit tong sampah. Tong sampah yang diserahkan di Kantor Camat Maros Baru akan dibagikan merata ke tiap-tiap Desa se Maros Baru.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00