SMP Islam Athirah 1 Makassar Rajai Ajang GEOMETRI LCTM FMIPA

KBRN, Makassar : GEOMETRI (Genus On Matematics In Real Aplication) 2021 adalah kegiatan peningkatan Matematika melalui ajang kompetisi yang diadakan oleh HMJ Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar. 

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang berlatar belakang evaluasi pendidikan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan minat murid dalam pelajaran matematika dengan tema “Optimalisasi Daya Saing untuk Mewujudkan Generasi Unggul di Era Teknologi dalam Semangat Ber-Matematika.”

Wakil dari SMP Islam Athirah 1 Makassar, Abdul Ghany Afandy dan Andi Alifah Putri Ibrahim berhasil menyabet piala bergilir sebagai juara umum pada event tersebut yang digelar pada hari Jumat-Minggu tanggal 17-19 September 2021 di Universitas Negeri Makassar.

Lomba cepat tepat Matematika (LCTM) grup pada babak semifinal yang menyisahkan 10 besar dan akhirnya berhasil lolos masuk final dan melawan 2 tim dari sekolah yang sama yakni SMP Kalam Kudus yang dilaksanakan secara luring. Selain itu di LCTM individu , Dede panggilan akrab Abdul Ghany Afandy berhasil mempersembahkan juara 1.

Menurut Dede secara pribadi lomba Geometri itu adalah lomba yang dilaksanakan di Universitas paling familiar yang pernah dia ikuti, karena selalu ikut setiap tahun sejak kelas 3 SD. Lebih lanjut Dede menyampaikan kendala yang dihadapi dalam lomba ini hampir tidak ada, karena soal-soalnya bagus, mudah dimengerti, dan tidak ada soal yang salah. Adapun Persaingan pada saat final lumayan ketat di babak 1 dan 2, tetapi pada saat babak cepat tepat mereka bisa mengumpulkan banyak poin. 

“Perbedaan lomba antara yang individu dan grup pada LCTM ini adalah perbandingannya lebih susah pada lomba kategori grup. Karena dua sekolah lain yang lolos di final dan menjadi lawan kami dari sekolah yang sama yakni SMP 2 Kalam Kudus dengan dua tim,” ujar Dede

Pasangan tim Dede dari SMP Islam Athirah yakni Alifah siswa kelas VIII.5 yang sudah mengikuti lomba Geometri di UNM setiap tahunnya sejak SD. Anak ketiga dari tiga bersaudara ini menyampaikan bagaimana dia membagi waktu belajarnya dengan cara membuat target belajar, bersantai, dan persiapan lomba dengan jadwal harian yang dilakukan secara konsisten.

Pesan Dede dan Alifa yang sudah mengantongi beberapa juara matematika bahwa semua harapan bisa dicapai jika niat melakukannya dan jangan lupa disertai dengan usaha dan do’a. Dukungan dari orang tua jadikan semangat dalam mengikuti lomba yang dilaksanakan dari pihak mana pun. Jangan lupa bersyukur dan tetap rendah hati apabila kita meraih kemenangan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00