FOKUS: #PPKM MIKRO

Jam Malam, Pengusaha : Terpaksa Saya Rumahkan Karyawan

KBRN, Bone : Pemberlakuan pembatasan jam operasional bagi usaha rumah makan (RM) dan Kafe di wilayah Kabupaten Bone resmi diberlakukan, Kamis (29/7/21). Pemberlakuan tersebut menimbulkan sejumlah reaksi dari sebagian pelaku usaha diantaranya Fitri (42) pemilik Arabian Kafe di Bone.

Menurut Fitri, dengan adanya kebijakan ini tentu akan memberikan beban baru bagi usahanya, mengingat kondisi usahanya saat ini tengah terpuruk akibat dampak pandemi ini dua tahun terakhir ini.

" Pelanggan sekarang kan sudah kurang, dengan dibatasi waktu lagi kita semakin bagaimana, sedangkan ada karyawan saya harus digaji dan karyawan tidak mau tahu yang penting dia minta haknya," ungkap Fitri saat dimintai tanggapan oleh RRI.CO.ID terkait pemberlakuan pembatasan jam malam, Jumat (30/7/21).

Dirinya akui, karyawan yang dimilikinya sebanyak 14 orang terpaksa dirumakan 10 orang akibat adanya beberapa kebijakan pembatasan jam operasional beberapa kali diterapkan. Adapun kebijakan ini diterapkan, pihaknya meminta Tim Satgas COVID-19 untuk bersikap tegas terhadap pelaku usaha lainnya.

" Kalau memang bulat kebijakan ini. Saya minta semua kafe dan rumah makan ditutup serentak pukul 20.00 WITA, karena selama ini ada saja yang mengindahkan larangan jam malam," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Satgas COVID-19 Bone A. Fahsar M Padjalangi mengutarakan bahwa kondisi penularan COVID-19 di Bone saat ini sudah cukup mengkhawatirkan, karena itu diminta aktivitas pelayanan di kafe dan rumah makan dibatasi guna mencegah penularan virus korona yang semakin masif penularannya.

" Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Bone sekarang terus bertambah dan daerah Bone sudah masuk kategori Orange penularan. Artinya, perlu ada pembatasan kegiatan dari jam 10.00 malam menjadi jam 08.00 malam," tegasnya.

Bupati meminta pengertian terhadap pelaku usaha terhadap kebijakan ini demi keselamatan masyarakat. Adapun kebijakan yang dibuat ini dinilai memberikan keringanan, sebab berdasarkan aturan bahwa daerah zona orange mengharuskan menutup aktivitas kegiatan pelayanan di rumah makan dan kafe paling lambat pukul 05.00 sore hari.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00