177 Desa di Bone Akan Menggelar Pilkades Serentak

Peserta rapat melihat hasil rekapitulasi suara saat Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara tingkat Kota di Hotel Gsign, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (2/5/2021). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Pemungutan Suara Ulang Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin 2020 pascaputusan Mahkamah Konstitusi (MK). ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/foc.

KBRN, Bone : Sebanyak 177 Desa dari 27 Kecamatan di Kabupaten Bone tahun ini akan menggelar pemilihan kepala desa serentak secara nasional November mendatang.

Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi mengatakan untuk mensukseskan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak ini dibutuhkan sinergitas dan kerjasama antar stakeholder terkait seperti.

"Penetapan peraturan daerah tentang pilkades, persyaratan administrasi yang melibatkan pengadilan tinggi negeri dan kepolisian serta bidang anggaran," jelasnya.

Ketua tim satgas covid-19 Bone ini juga menegaskan dalam pelaksanaan pemilihan ini hal terpenting yang perlu diingat dan diterapkan saat pemilihan yakni, pengetatan penerapan protokol kesehatan.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa DPMD Bone Andi Gunadil Ukra mengungkapkan pilkades tahun ini terkendala pada anggaran sebab anggaran yang diperlukan mengalami pembengkakan dari Rp3 Miliar menjadi Rp8,5 Miliar

"Pembengkakan ini akibat bertambahnya jumlah TPS serta panitia pelaksana di setiap Desa sebab harus mematuhi penerapan protokol kesehatan guna menghindari adanya kerumunan massa," jelasnya. 

Gunadil Ukra berharap melalui APBD perubahan nanti anggaran yang dibutuhkan untuk pilkades di 177 Desa di Bone mendapatkan tambahan sehingga pelaksanaan pemilihan desa ini dapat terselenggara dan sukses di masa pandemic saat ini. (Febrian)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00