Loloskan 109 Judul Proposal, UNM Tembus 10 Besar PKM 5 Bidang Tahun 2021

KBRN, Makassar : Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dirjen Dikti Kemendikbud RI mengumumkan daftar penerima pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 bidang Tahun 2021.

Pengumuman tersebut tertuang dalam surat keputusan tertanggal, 5 Mei 2021 dan diupload di situs resmi Kemendikbud.

Dilansir dari tabel pengumuman PKM 5 Bidang ini, Universitas Negeri Makassar masuk dalam daftar 10 besar dengan jumlah proposal terbanyak yang lolos pada kategori Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

UNM berhasil meloloskan sebanyak 109 judul, jumlah ini lebih banyak dibandingkan pada tahun sebelumnya yang hanya meloloskan sebanyak 85 judul proposal.

Dengan jumlah ini, UNM juga mencatat sejarah baru dimana untuk tahun 2021 ini untuk pertama kalinya semua fakultas berhasil meloloskan judul proposal.

Rektor UNM Prof Husain Syam memberikan apresiasi terhadap prestasi yang diperoleh oleh kampus yang terkenal dengan sebutan kampus orange itu.

Ia mengatakan, dengan raihan prestasi yang dilakukan oleh civitas akademika ini tidak lepas dari upaya dalam mengoptimalkan peran Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki.

"Tahun ini, UNM dapat meningkatkan peringkatnya untuk memberikan kontribusi yang lebih aktif lagi dalam dunia inovasi melalui PKM ini," ujar Husain Syam.

Lebih lanjut, Ia berharap dengan apa yang telah diraih ini dapat dimaksimalkan dengan baik. Tidak hanya itu, Ia mengatakan dengan raihan ini dapat menjadi motivasi untuk kedepannya.

"Tahun kemarin UNM hanya meloloskan 85 judul proposal, namun di tahun 2021 ini meningkat dengan jumlah judul proposal 109. Dengan ini juga menunjukkan bahwa UNM selalu aktif berpartisipasi dalam semua kegiatan yang konstruktif," jelasnya.

Sementara itu Ketua LP2M UNM Prof Bakharani Rauf mengatakan tahun ini dari total 109 judul proposal PKM yang lolos, terbanyak dari Fakultas Bahasa dan Sastra dengan 29 judul proposal.

"Ini sebuah prestasi untuk UNM, karena semua fakultas dapat meloloskan proposal PKM untuk pertama kalinya," jelasnya.

Bakhrani menambahkan dari 109 proposal PKM yang lolos itu, terbanyak di kategori PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM Riset Sosial dan Humaniora (PKM-RSH). Dua kategori ini meloloskan masing-masing 26 proposal.

Selain dua kategori itu, tim PKM juga banyak lolos di kategori lain. Seperti PKM Kewirausahaan (PKM-K) yang meloloskan tujuh proposal dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK) yang juga meloloskan sembilan tim.

Begitu juga dengan kategori lainnya seperti PKM Karsa Cipta, PKM Penerapan Iptek (PKM-PI) dan kategori lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00