Staf Khusus dan Staf Ahli Menag RI Minta ASN Kemenag Tak Diskriminasi Pelayanan

(Ist)

KBRN, Makassar : Staf Khusus dan Staf Ahli Menteri Agama RI melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (21/04/2021).

Kedatangan keduanya guna memberikan pengarahan dan mensosialisasikan program prioritas Menteri Agama RI.

Staf khusus Menag RI, Nuruzzaman menyampaikan beberapa hal, termasuk pesan Menteri Agama RI kepada seluruh ASN Kemenag agar tidak diskriminasi pelayanan terhadap masyarakat.

"Tidak ada boleh diskriminasi di negeri ini, apalagi di lingkungan Kementerian Agama. Kemenag harus adil secara proporsional kepada umat beragama yang ada," kata Nuruzzaman.

Nuruzzaman juga menuturkan, agar penerapan manajemen barisan dalam tata kelola birokrasi di Kementerian Agama harus dipertegas mulai saat ini .

"Gambaran sederhanya, kalau yang di depan berjalan dengan melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu, maka yang di belakang akan ikut melangkah dengan kaki kanan juga," papar Nuruzzaman.

Sementara Staf Ahli Menag RI, Hasanuddin membeberkan, kunjungan kerja mereka untuk meninjau KUA Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, dan  Ponpes Nahdlatul Ulum Kabupaten Maros.

Diketahui keduanya untuk melihat, menjajaki dan memastikan pelaksanaan program prioritas Menag RI yakni pertama, revitalisasi KUA yang isinya bukan saja perbaikan Infrastruktur, tapi standar pelayanan dan kualitas SDM. Kedua Program Kemandirian Pesantren khususnya di bidang ekonomi.

Menurut Hasanuddin, KUA selain sebagai garda terdepan Kemenag, juga sebagai senjata pamungkas bagi Kemenag dalam membangun kepercayaan umat, khususnya di bidang pelayanan urusan keummatan di level yang paling bawah dalam struktur sosial masyarakat.

Adapun tujuh program prioritas Gus Menteri yang memiliki keterkaitan erat satu dengan yang lainnya yakni Pengarusutamaan Moderasi Beragama, revitalisasi KUA yang menjadi sentra standar pelayanan bagi umat yang tidak saja mengurusi nikah, tapi semua layanan keagamaan yang dibutuhkan umat, serta Kemandirian Pesantren baik dari sisi Afirmasi maupun Rekognisi Pesantren.

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulsel, Khaeroni mengaku bersyukur sekaligus bangga atas kedatangan Staf Khusus dan Staf Ahli Menag RI

"Sebab kami yakin kedatangan beliau membawa serta keberkahan bagi Kemenag dan Umat di Sulsel," tutup Khaeroni.

Terakhir, Kakanwil mendaulat Staf Khusus Menteri Agama RI menyerahkan Sertifikat Halal yang sudah diterbitkan oleh BPJPH Kemenag RI kepada 87 pelaku usaha baik Cathering, Restoran, Hotel dan sejumlah UMKM di Sulsel yang diwakili secara simbolis oleh Direktur Perusahaan Cathering At Taufik Pratama,  Ahmad taufik Maulana Mulyadi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00