Sidak Pedagang Takjil, BBPOM: Masih Aman

BBPOM sidak pedagang takjil di Jalan Mappanyukki Makassar.

KBRN, Makassar : Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) perdana di Jalan Mappanyukki Makassar.

Dari hasil sidak tersebut, BBPOM mengumpulkan 22 item yang terdiri atas minuman dan makanan, lalu dilakukan uji sampling. Kepala BBPOM Makassar, Hardaningsih mengatakan, dari 22 item, hasilnya negatif.

"Semuanya negatif tidak ada positif, Alhamdulillah makanannya tidak ada mengandung boraks, formalin dan zat kimia lainnya," kata Hardaningsih, Rabu (14/04/2021).

Selain itu, BBPOM juga memberikan edukasi berupa pemahaman soal kehigenisan makanan dan minuman. 

Mengingat, salah satu tempat jualan takjil cukup besar di Makassar berada di Jalan Mappanyukki dengan kondisi para pedagang berjualan di pinggir jalan.

"Kita imbau pedagang untuk menutup makanannya, karena masih ada yang kami lihat terbuka makanannya, apalagi inikan di pinggir jalan, banyak debu," jelasnya.

"Tadi juga banyak yang kipas kipasin lalat jadi ini mungkin yang perlu diperhatikan oleh pedagang makanan takjil," sambung Hardaningsih usai melakukan sidak.

Sekadar diketahui, pihak BBPOM kembali akan melakukan sidak hingga jelang perayaan idul Fitri. Adapun lokasi sidak hari ini baru dipusatkan di Jalan Mappanyukki.

"Tapi kalau untuk dalam Minggu ini kita juga menyidak distributor dan retailer ada 7 sarana yang diperiksa dan sudah dilaporkan, 7 sarana itu ada di Makassar dan di Selayar, di Selayar ada 3, sisanya di Makassar," tutup Hardaningsih.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00