Longsor di Tanah Toraja Akibatkan 4 Warga Tewas Ditempat

KBRN, Makassar : Satu keluarga di desa Randan batu, kecamatan Makale selatan kabupaten Tanah Toraja yang terdiri dari ayah inisial BT 80 tahun, anak RT 40 tahun dan cucunya Yan 15 tahun menjadi korban meninggal dunia akibat longsor sejauh 700 meter yang melanda wilayah tersebut.

Dua orng dikabarkan meninggal dengan  kondisi tragis yakni kondisi tubuh terpisah satu sama lain. Camat Makale selatan Marten Barapadang saat di konfirmasi rri mengungkapkan, longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur sejak malam kemarin.”tiga orang ini malam itu mungkin tidur lelap, jadi tidak dengar ada longsor datang akhirnya tidak selamat. Memang sudah berapa hari ini hujan terus sehingga longsor yang akibatkan beberapa rumah warga di Randan batu rusak hingga rusak parah, sekarang ada 15 KK yang diungsikan di rumah – rumah warga juga di kantor desa,” ungkap Marten Minggu,05/04/2020.

Berdasarkan data BPBD Tanah Toraja, longsor tidak hanya melanda wilayah Randan batu sejumlah desa lainnya seperti di kecamatan Sangalla Selatan, desa/lembang  Buri dan Sarapeang, kecamatan rembon juga mengalami longsor yang membuat 34 KK dengan 132 Jiwa harus mengungsi di kantor lembang Buri Kecamatan rembon.

Hingga hari minggu 05/04/2020 hujan deras maish terus mengguyur wilayah tanah toraja dan mengakibatkan longsor kembali terjadi di sejumlah wilayah yakni, di kecamatan Saluputti yang mengakibatkan 5 KK dan 20 Jiwa harus diungsikan. Selain itu bencana tanah longsor juga melanda lembang Palesan, Kleurahan Tambunan kec. Makalae Utara yang mengakibatkan 1 rumah warga tertimbun material longsor. 

Kepala BPBD Tanh Toraja Alfian Andilolo melalui media sosial BPBD Tator menyebut, longsor juga melanda  lembang Bua’tarrung kec. Rembon akibatkan 1 unit rumah tertimpa longsor dan 1 ekor kerbau terbawa arus sungai. Selain itu lembang paku kecamatan Masanda, serta lembang tapparan utara kecamatan Rantetayo juga tidak  luput dari kejadian serupa dan akibatkan 1 orang kembali meninggal dunia yang tertimbun material longsor  atas nama Ceries Aprilia umur 7 tahun.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00