BMKG Majene Minta Warga Sulbar Pesisir Waspada Banjir Rob

KBRN, Mamuju : cuaca Ekstrem jelang akhir tahun 2021 menjadi peringatan untuk sejumlah wilayah, gelombang tinggi dan banjir yang mungkin terjadi di Sulawesi Barat. berdasarkan peringatan dini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Majene.

Adanya aktivitas air laut maksimum disertai dengan kondisi gelombang tinggi dan curah hujan tinggi dapat mempengaruhi dinamika pesisir di Wilayah Sulawesi Barat berupa banjir pesisir (ROB).

Prakirawan BMKG, Perdinand Hutabarat mengatakan, aktivitas ini diprakirakan terjadi pada 6-8 Desember, untuk itu masyarakat diimbau untuk selalu waspada dalam mengantisipasi dampak dari Banjir Pesisir (Rob) serta memperhatikan update informasi cuaca dari BMKG.

“ warga Sulbar yang tinggal wilayag pesisir dimohon waspada terhadap tinggi gelombang dan banjir rob,” Perdinand, Senin ( 06/12/2021 ).

Sementara, salah seorang warga, Kelurahan Simboro Mamuju Sulawesi Barat, Eka menyampaikan bahwa banjir rob terjadi di wilayah simboro merupakan tertinggi bila dibandingkan yang sebelumnya. “ akibat banjir rob, air masuk kedalam pemukiman warga dan ketinggian air mencapai pingggang orangdewasa,” katanya

Untuk itu, eka berharap ada perhatian dari pemerintah untuk mencegah terjadinya banjir rob agar tidak terulang dimasa yang akan datang. pihaknya peminta agar pemerintah dapat membuat tanggul untuk mencgeha air masuk kedalam pemukiman warga.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar