6.274 Lembar Surat Suara Pilkada Makassar Alami Kerusakan

Proses pelipatan kertas suara. (Antarafoto)

KBRN, Makassar : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar menemuoan 6274 surat suara untuk Pilkada Makassar mengalami kerusakan pada proses sortir dan pelipatan. Sejumlah kerusakan yang ditemukan pada surat suara yakni gambar calon kosong, tulisan buram, atau tinta yang meluber ke foto pasangan calon.

Kepala Sub Bagian Keuangan Umum dan Logistik KPU Makassar Mustar Jaya kepada wartawan mengatakan, sebelumnya pada proses sortir pertama jumlah yang ditemukan rusak sebanyak 2468, jumlahnya bertambah setelah dilakukan proses sortir lanjutan.

“Jumlah surat suara rusak kemungkinan masih akan bertambah. Sebab proses sortir dan lipat masih berlangsung. Kerusakan yang ditemukan umumnya sama dengan temuan sebelumnya,” kata Mustar, Rabu (25/11/2020).

Mustar menambahkan,  setelah menghitung total surat suara yang rusak, KPU Makassar bakal berkoordinasi dengan pihak penyedia yang berada di Gresik, Jawa Timur untuk menggantikan dengan surat suara yang baru.

“Sedangkan surat suara yang rusak akan ditampung untuk menunggu petunjuk soal pemusnahan,” ujarnua.

Mustar menambahkan, sejumlah logistik untuk kebutuhan pemungutan suara di TPS sudah lengkap. Di antaranya 2.439 kotak suara, 4.788 botol tinta, 9.576 bilik suara, dan lain-lain. Yang jadi kendala adalah formulir C1 plano hologram, sebab kemungkinan akan tiba lebih lambat.

“Kertas untuk pencatatan hasil penghitungan suara itu batal dikirimkan bersama logistik lain karena terkendala teknis. Kemungkinan besar pengiriman C1 plano baru bisa dipenuhi penyedia pada tanggal 29 November mendatang,” tambahnya.

Muchtar menambahkan semua logistik bisa terima di tanggal-tanggal 1 Desember begitu. Muctar menyebut pihak KPU berupaya semaksimal mungkin supaya tidak ada masalah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00