Mengimplementasi Pendidikan Karakter, Warga SMPN 1 Magetan Bagi-bagi Sembako

KBRN, Magetan: SMPN 1 Magetan menggelar aksi sosial bertajuk Safari Ramadhan Berkebhinekaan menyasar warga terdampak di sekitar sekolah, termasuk GTT/PTT dan siswa SMP Negeri 1 Magetan yang membutuhkan. Aksi ini sekaligus menjadi implementasi pendidikan karakter religius, gotong royong dan integritas para siswa.

Diungkapkan oleh bendahara kegiatan, Harianti aksi yang telah dimulai pada awal Mei berlajut Rabu (14/5/2020) dengan mendatangi beberapa kecamatan di kabupaten Magetan.

"Sasaran bhaksos ini siswa atau orang tua siswa yang kurang mampu, warga sekitar SMPN 1 Magetan, GTT/PTT, Perkim, ada beberapa pengangkut sampah dan tukang sapu. Lalu kami salurkan ke beberapa kecamatan antara lain Sukomoro, Maospati, Barat dan Kartoharjo. Walau tidak banyak semoga bermanfaat. Sabtu nanti kami juga lanjut ke kecamatan Ngariboyo, Parang, Poncol, Panekan dan Kawedanan,” kata Harianti.

Mengenakan baju tradisional, keluarga besar SMP Negeri 1 Magetan membagikan sekitar 400 paket berisi sembako. Makna busana tradisional adalah SMP Negeri 1 Magetan sekolah kebhinekaan berbudaya lingkungan dan kearifan lokal.

“Tema kami kebhinekaan artinya walaupun di bulan ramadhan, bhaksos ini berasal dari wali murid dari berbagai agama, yang menerimapun dari berbagai agama. Ini sudah yang ke-2, yang pertama dulu sekitar 90 paket, kali ini 400 paket,”lanjutnya.

Disisi lain gerakan ini juga merupakan wujud syukur setelah kelulusan peserta didik di sekolah tersebut. Diharapkan setelah dinyatakan lulus, siswa siswi SMPN 1 Magetan tidak hanya menjadi insan yang cerdas namun juga memiliki karakter yang kuat serta kesantunan yang tinggi.

“Dengan berbagi ini kami memberi contoh pada anak didik kami agar kelak setelah mereka sukses bisa menjadi generasi yang peduli. Kalau misal jadi pemimpin jadilah pemimpin yang amanah yang peduli pada masyarakat bawah sehingga warganya akan sejahtera,”pungkas Harianti.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar