Peringati HDI 2021, Dinsos Kab. Madiun Gelar Berbagai Acara

KBRN, Madiun : Dinas Sosial Kabupaten Madiun memperingati Hari Disabilitas Internasional, sebagai salah satu upaya dalam memberikan dukungan dan dorongan kepada para penyandang disabilitas. Jumat (3/12/2021).

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Madiun Agung Budiarto mengatakan, peringatan Hari Disabilitas Internasional ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas. 

“Hari Disabilitas Internasional ini juga berfokus kepada kendala dan permasalahan yang dihadapi penyandang disabilitas, untuk itu pihaknya menggelar berbagai acara diantaranya senam bersama, dialog, pelatihan-pelatihan, pameran hasil kreatifitas para disabilitas dan kegiatan lainnya,” ucapnya.

Lanjutnya, kepemimpinan dan partisipasi penyandang disabilitas menuju tatanan dunia yang inklusif, aksesibel dan berkelanjutan pasca covid-19.

Sementara itu, Ketua PPDM Kabupaten Madiun Udik Dwi Harsono menyebut, adanya pandemi covid-19 ini mempejelas ketidaksetaraan yang dialami penyandang disabilitas. Bahkan dalam situasi normal, penyandang disabilitas cenderung tidak bisa mengakses perawatan kesehatan, pendidikan, pekerjaan dan berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat lainnya.

Ia menambahkan, pihaknya menginginkan seluruh warga untuk bersama-sama belajar dari pengalaman orang-orang yang hidup dengan disabilitas selama pandemi ini. Serta bekerja sama membantu mengurangi permasalahan yang dihadapi penyandang disabilitas dalam kegiatan masyarakat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar