Raih Penghargaan APE, Bupati Sugiri : Kesetaraan Gender Jangan Hanya Slogan

KBRN, Ponorogo : Sebagai daerah yang dinilai berkomitmen terhadap pengarusutamaan gender dalam pembangunannya Kabupaten Ponorogo meraih piala dan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 Kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia PPPA, bersama sejumlah kota/kabupaten lainnya. 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Puspayoga secara virtual kepada Bupati Ponorogo, Rabu (13/10/2021) di ruang Pusdalops.

Dalam sambutannya Menteri Puspayoga mengatakan kesetaraan gender diperlukan di berbagai bidang pembangunan.

"Ini terkait pembangunan berkelanjutan SDGs yang akan berakhir pada 2030," kata Puspayoga.

Puspayoga menyebut kesetaraan gender telah menjadi isu multidimensi dan telah tercantum dalam catatan dokumen pembangunan. Untuk itu pihaknya mendorong pemerintah di daerah mewujudkan pembangunan perspektif gender di berbagai bidang.

"Implementasi PuG diharapkan memperkecil kesenjangan gender di Masyarakat," harapnya.

Sementara itu Bupati Ponorogo Sugiri mengatakan target penghargaan kategori Pratama belum dapat diraih karena salah satu indikator penilaian terkait perda belum rampung. 

"Kedepan harus dapat yg utama atau setidaknya mentor pug mendukung dan mensupport kemajuan Ponorogo. Salah satu instrumennya Perda dan masih proses di provinsi, jika selesai mari kita bergerak serentak. Mencapai predikat yg utama," kata Sugiri.

Meski demikian ia menekankan pentingnya implementasi pembangunan perspektif gender yang tidak hanya dalam slogan dan penghargaan namun memang benar-benar dilakukan

"Penghargaan penting tapi yang lebih penting implementasi. Keikutsertaan perempuan dalam pembangunan, pelibatan dalam berbagai bidang," sambungnya.

Untuk itu ia mengajak semua pihak bergerak guna mensupport kemajuan Ponorogo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00