Dinsos Terus Asesmen Yatim Piatu Korban Covid-19

KBRN, Magetan: Dinas Sosial Kabupaten Magetan melakukan pendataan terhadap anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal  akibat covid 19. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan Yayuk Sri Rahayu mengatakan, pihaknya saat ini masih melaksanakan asesmen terhadap 25 anak yatim piatu usia dibawah 18 tahun untuk diusulkan ke Kementrian Sosial. Ke 25 yatim piatu tersebut rencananya akan mendapat sejumlah bantuan dari kementrian.

“25 anak sedang kita lakukan asesmen. Data itu kita kirim ke Kemensos dan nanti ke Kemensos mau membantu apa. Nggak tahu kita bantuannya apa, pokok yang itu kita disuruh mendata berikan ke Kemensos,” ujarnya.

Selain melakuakn asesmen, Dinas Sosial Kabupaten Magetan juga telah mendata 40 anak yatim piatu usia 18 hingga 21 tahun. Mereka rencananya akan mendapat bantuan program pelatihan kerja dari Balai Latihan Kerja Provinsi Jawa Timur. Pelatihan yang diberikan antara lain wirausaha bengkel, salon, las, kuliner dan lain sebagainya selama 6 bulan. Juga diberikan kesempatan mengikuti pelatihan lanjutan untuk meningkatkan ketrampilan. Dengan ketrampilan tersebut diharapkan akan mampu menjadi wirauahawan mandiri.

“Pelatihan itu kan dari UPT, pulang itu kan sudah diberi peralatan. Pelatihannya sendiri juga 6 bulan. Terus ada dari provinsi kalau memang diperlukan juga nanti bisa ikut lanjutan,” imbuhnya.

Sejumlah  anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal karena covid 19 saat ini telah menjadi anak angkat dari Kepolisian Resor Magetan. Dinas Sosial Kabupeten Magetan juga telah melakukan layanan psikososial terhadap anak yatim piatu tersampak covi 19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00