Rakor Kewaspadaan Dini, Upaya Deteksi Dan Cegah Ancaman Gangguan Keamanan

KBRN, Magetan: Kewaspadaan dini diperlukan sebagai upaya antisipasi adanya gangguan keamanan. Deteksi dini terkait indikasi dan potensi gangguan keamanan penting dilakukan oleh setiap warga masyarakat mulai dari lingkungan terdekat. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Magetan menggelar Rapat koordinasi Forum Tim Kewaspadaan Dini Kabupaten Magetan dalam upaya menciptakan situasi kondusif di Kabupaten Magetan tahun 2021, bertempat di Ruang Rapat Ki Mageti. Kamis (23/9/2021).

Komandan Kodim 0804,  Letkol Inf Ismulyono Tri Widodo dalam arahannya menyampaikan Tim Kewaspadaan Dini memiliki peran penting dalam mendeteksi segala informasi yang terjadi di masyarakat. Melihat dan terus mencari informasi segala kemungkinan yang rawan dan dapat mengganggu keamanan wilayah Magetan. Tim Kewaspadaan Dini untuk terus bergerak dalam menjaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan atas potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan kepada pimpinan agar segera diolah atau disajikan sebagai bahan pertimbangan pemerintah daerah.

“Teman-teman tim supaya memantau di lapangan menyangkut ideology, politik, ekonomi, sosial, budaya serta meningkatkan kerjasama antar instansi dan masyarakat untuk menjaga ketertiban keamanan Magetan. Agar bisa dijadikan data yang benar oleh pimpinan daerah dalam mengambil keputusan. Sehingga kebijakannya dapat bermanfaat dan bisa menjaga ketertiban keamanan serta kesejahteraan,” kata Ismulyono.

Sementara itu, Sekdakab Magetan menyampaikan kewaspadaan dini di daerah berguna untuk mendorong terciptanya stabilitas nasional dan terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan di daerah,

“Tadi ada beberapa masukan dari Dandim dan Polres nanti kita tindaklanjuti. Kita antisipasi segala permasalahan, tadi ada permasalahan politik, sosial, budaya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” papar Hergunadi.

Pihaknya mewakili pemkab menyampaikan terimakasih kepada jajaran TNI, POLRI, BIN, BNPT, seluruh aparat penegak hukum dan aparatur daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama serta seluruh elemen masyarakat yang terus ikut menciptakan kabupaten Magetan yang harmonis dan kondusif.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00