Kelompok Konservasi Sendang Lestari Berhasil Hijaukan Puncak Alas Ireng

KBRN, Ponorogo : Berangkat  dari bentrok air karena bencana kekeringan beberapa tahun lalu, sebuah kelompok konservasi alam di desa Wayang kecamatan Pulung bernama Penanaman Hutan Gundul (PHG) Sendang Lestari berhasil menghijaukan puncak hutan seluas 2,5 hektar.

Hutan di Puncak Bukit Alas Ireng yang dulunya gundul dan sumber airnya  mengecil sekarang sudah kembali seperti semula.  Untuk bisa menghijauaka kawasan alas ireng ini  penggiat lingkungan setempat Maryono bersama 10 orang rekannya meminta izin kepada Perhutani Madiun. Pasalnya, keterjagaan  hutan di kawasan tersebut berpengaruh pada ketersediaan sumber air untuk masyarakat Dusun Mutih, Desa Wayang, Kecamatan Pulung, Ponorogo.

Maryono, Anggota PHG Sendang Lestari bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) setempat  mengungkapkan butuh perjuangan panjang dan keinginan kuat untuk bisa menghijauka  kawasan tersebut. Pasalnya untuk bisa ke kawasan puncak butuh waktu 3 jam dan setiap sore mereka harus membawa air ke kawasan atas untuk menyirami tanaman tersebut selama musim kemarau. 

“Pengorbanan untuk bisa menjaga dan melestarikan hutan itu tidak saja pengorbanan tenaga tapi juga  dana . Karena semua dilakukan dengan swadaya sendiri,“ terang maryono, Jumat (3/9/2021).

Maryono mengungkapkan hutan puncak Alas Ireng saat ini sudah tertanami 350 batang tanaman keras dan buah buahan seperti jambu jamaika, beringin, pucung, dan kemiri. 

Tumbuhan buah-buahan juga dipilih untuk keteri pangan bagi hewan-hewan liar diatas. Saat ini mereka juga sedang berproses mencoba menghijaukan satu titik kawasan lainnya seluas 1,5 hektar. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00