Sedekah Oksigen Dan Pinjam Tabung, Wujud Relawan Nusantara Peduli Sesama

KBRN, Magetan: Kelangkaan oksigen sempat menjadi masalah serius di tengah mewabahnya Covid-19. Relawan Nusantara Magetan, komunitas relawan dibawah naungan lembaga Rumah Zakat, turun tangan membantu masyarakat dengan menghimpun tabung oksigen dan menyalurkannya kepada pasien isolasi mandiri yang membutuhkan. Tabung oksigen tersebut didapatkan dari donatur lewat program “Pinjam Tabung”, kemudian dipinjamkan kepada pasien lewat program “Sedekah Oksigen”.

Koordinator Relawan Nusantara Magetan, Sunyoto mengungkapkan gerakan tersebut berawal dari keprihatinan atas kejadian kematian akibat pasien isolasi mandiri tidak memiliki alat-alat penunjang kesehatan. Terutama yang memiliki riwayat penyakit pernapasan serta penderita sesak nafas.

“Jika memiliki tabung oksigen yang sedang tidak dipakai, donatur bisa menyerahkan pengelolaanya kepada Relawan Nusantara Magetan tanpa mengubah hak kepemilikan dengan program Pinjam Tabung. Suatu saat jika donatur membutuhkan tabung, akan kami kembalikan. Selama dipinjamkan, kami akan memointoring keberadaan dan keadaan tabung lengkap dengan dokumentasi penyaluran dan pelaporan penyaluran,” kata Sunyoto dalam dialog Kentongan RRI Madiun Selasa (31/8/2021) sore.

Berbeda halnya jika donatur ingin mewakafkan tabung tabung oksigennya, maka hak milik sepenuhnya berpindah ke Relawan Nusantara. Selain itu, donatur juga dapat memberikan donasi baik berupa uang. Kemudian pihak Relawan Nusantara akan mewujudkan menjadi tabung oksigen.

Bukan hanya mengantar, para relawan juga bersedia melakukan pemasangan dan memaparkan cara penggunaan tabung sesuai standar medis. Namun hal tersebut dilakukan dengan syarat, penerima manfaat mengatakan sejujurnya tentang kondisi kesehatan, sehingga para relawan dapat menyesuaikan perlu tidaknya mengenakan APD lengkap.

“Kami salaurkan oksigen dan meminjamkan tabung oksigen ukuran 1 m3 beserta pemasanganya kepada warga yang melakukan isolasi mandiri di wilayah kabupaten Magetan,” lanjutnya.

Dalam rentang Juli – Agustus sudah kurang lebih 2 kecamatan dijangkau Relawan Magetan. Agar dapat memperluas jangkauan, Relawan Nusantara Magetan menerima dana bantuan yang dapat ditransfer ke rekening Bank Syariah Mandiri 7144212864 an Komite Relawan Nusantara, Bank Muamalat 1020018612 an Komite Relawan Nusantara YYS, Bank Mandiri 1310017975188 an Komite Relawan Nusantara. Setelah transfer, donatur harus melakukan konfirmasi ke nomor WA 0851-5859-9265 atau mengakses relawannusantaramagetan.org/donasi/ sehingga donasi dapat dipergunakan sesuai akad.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00