FOKUS: #PPKM MIKRO

Saatnya Menjadi Relawan Covid-19, Dimulai Dari Diri Sendiri

#EDITORIAL RRI MADIUN EDISI MINGGU (25/7/2021).

KBRN, Madiun : Saat ini, bangsa Indonesia masih berperang melawan makhluk tidak kasat mata Virus Corona atau juga disebut Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), sama halnya dengan bangsa dan negara-negara lain di dunia.

Kasus Covid-19 yang terus bertambah, mengharuskan semua pihak melakukan penanganan ekstra dalam pencegahannya. Pemerintah juga tidak dapat menghadapi sendiri, sehingga diperlukan peran segala elemen masyarakat, untuk membantu diantaranya sebagai relawan.

Menjadi relawan, dapat dilakukan seorang diri atau kelompok, yang secara ikhlas karena panggilan hati nuraninya. Memberikan apa yang dimiliki, ilmu, pikiran, tenaga, waktu, harta benda, untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Jiwa relawan, mengedepankan tanggung jawab sosial, tanpa mengharapkan pamrih, baik berupa imbalan atau upah, kedudukan, kekuasaan maupun kepentingan tertentu.

Tentu saja bukan hanya atas kemauan, tetapi untuk hal tertentu diperlukan persyaratan khusus. Relawan medis misalnya, yang harus memiliki dasar ke-ilmuan di bidangnya.

Selain itu, untuk relawan tertentu semisal pemulasaraan jenazah dan penggali kubur, dibekali dengan pengetahuan dan juga peralatan, agar dapat menangani dengan tepat dan terlindungi dari penularan.

Tetapi bukan hanya sebatas itu saja, semisal penyedia makan gratis bagi warga yang terpapar covid dan isolasi mandiri, selain dermawan juga dapat saja disebut relawan.

Sesungguhnya untuk menjadi relawan tidak harus bergabung dilembaga kesehatan maupun lembaga kemanusiaan, tetapi dapat dimulai dari diri sendiri, menjadi relawan keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar.

Wujud nyata sebagai relawan untuk mencegah Covid-19 dilingkungan antara lain, turut menyosialisasikan protokol kesehatan, menyediakan tempat cuci tangan, tetap menjaga kebersihan sekitar, dan peduli jika ada tetangga yang melakukan isolasi mandiri dengan memberikan bantuan yang diperlukan, bukan malah mengucilkan.

Menjadi relawan keluarga dan lingkungan sekitarpun, sudah membantu pemerintah, dalam upaya memerangi covid 19, syukur-syukur menjadi relawan khusus yang saat ini benar benar dibutuhkan, seperti pemulasaraan jenazah dan penggali kubur.

Komentar ditulis oleh Wakil Pemimpin Redaksi RRI Madiun Imam Suyanto. (AB/YAF/Foto Ilustrasi:Antara)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00