HAN 2021, Bupati Sugiri : Anakmu Bukanlah Milikmu, Mari Gembirakan Mereka

KBRN, Ponorogo : “Anakmu bukanlah milikmu, mereka adalah putra-putri Sang Hidup, yang rindu akan dirinya sendiri. Mereka lahir darimu tetapi bukan dari engkau. Berikanlah mereka kasih sayangmu, namun jangan sodorkan pemikiranmu.”

Itulah diantara penggalan puisi karya pujangga Kahlil Gibran yang dikutip Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko saat memberikan ucapan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Jumat, 23 Juli 2021.

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) sebagai bentuk penghargaan bahwa anak-anak Indonesia merupakan aset yang sangat penting dan berharga bagi bangsa. Adapun tema peringatan Hari Anak Nasional 2021 adalah "Anak Terlindungi, Indonesia Maju".

Untuk itu Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengajak para orang tua memberikan perhatian lebih kepada putra putri mereka. 

“Mari kita gembirakan mereka mari kita sayangi. Mari kita asuh, kita siapkan masa depannya. Tapi masa depan mereka adalah milik mereka sendiri. Kita sebagai orang tua wajib memberikan kerangka dan memebrikan teladan, contoh atau uswatun hasanah kepada anak,” ungkapnya, Jumat (23/7/2021)

Apalagi momentum peringatan Hari Anak Nasional yang masih berada dalam suasana pandemi Covid-19 seperti saat ini, Sugiri meminta kepada para orang tua memberikan kegembiraan kepada anak-anak agar betah tinggal dirumah dan menjadi bagian tak terpisahkan dari keluarga.

”Apalagi di masa pandemi, betahkan dan gembirakan agar mereka  di rumah. Kemudian anak-anak menjadi bagian dari kita,” pesannya.

Lebih jauh Bupati Sugiri menekankan pentingnya pendidikan karakter disamping ilmu pengetahuan kepada anak.

“Bukan hanya transfer ilmu namun juga kasih sayang, knowldge dan karakter.  Anak terlindungi, Indonesia maju ,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui Hari Anak Nasional merupakan momen yang tepat untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hidup, tumbuh, berkembang, serta berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, dan juga mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Presiden ke-2 RI, Soeharto, mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 44/1984 yang memutuskan bahwa Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Pemilihan tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional diselaraskan dengan pengesahan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Anak pada tanggal 23 Juli 1979. Maka, tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional hingga saat ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00