BRPK Diterima, KPU Ponorogo Segera Tetapkan Bupati-Wakil Bupati Terpilih

KBRN, Ponorogo : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ponorogo sudah menerima Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai syarat penetapan paslon Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pilkaada Serentak 2020. Hal itu dibenarkan Munajat, Ketua KPU Kabupaten Ponorogo saat dihubungi media, Kamis (21/1/2021).

Munajat menyatakan KPU Ponorogo sudah menerima BRPK dan Rencananya, Jum'at 22 Januari 2021  akan menetapkan pasangan calon Bupati-Wakil Bupati terpilih Ponorogo, Sugiri Sancoko-Lisdyarita. Rapat pleno terbuka penetapan Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo terpilih akan digelar di Hotel Maesa pukul 14.00 WIB.

“Sesuai petunjuk, InsyaAllah rencananya KPU Kabupaten Ponorogo penetapan pemenang kita lakukan besuk Jumat sore jam 2 di Hotel Maesa,” kata Munajat, Kamis (21/1/2021)

KPU Ponorogo pun telah mendistribusikan surat yang ditujukan kepada para tamu yang bakal hadir dalam acara penetapan pasangan calon terpilih.Mengacu pada PKPU 19 tahun 2020, pihak yang diundang itu semua pasangan calon, partai politik, kemudian Bawaslu, Polres dan Kodim Ponorogo.

"Undangan yang wajib itu Paslon, partai politik dan bawaslu. Ditambah ya ada TNI Polri, sedangkan untuk pejabat Pemkab tidak," sebutnya.

Munajat menegaskan, pelaksanaan rapat pleno terbuka penetapan bupati terpilih tetap berjalan meskipun ada paslon yang tidak hadir. Dan tetap digelar dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

"Kalau ada yang tidak hadir harus tetap jalan. Karena rapat pleno kami sampaikan penetapan pasangan calon, kita sudah berjalan sesuai arahan KPU Provinsi," tegasnya.

Setelah rapat pleno selesai, lanjut Munajat, KPU bakal menyerahkan salinan penetapan bupati terpilih kepada Paslon, DPRD, dan KPU RI melalui KPU Provinsi. Sebagai dasar untuk mengusulkan proses pelantikan bupati dan wakil bupati Ponorogo.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo tingkat Kabupaten pada 15 Desember 2020 , pasangan calon nomor urut 1 Sugiri Sancoko-Lisdyarita unggul telak dengan perolehan 352.047 suara atau 61,7 persen. Sedangkan petahana Paslon nomor urut 2 Ipong Muchlissoni-Bambang Tri Wahono hanya memperoleh 218.073 suara atau 38,3 persen.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00