FOKUS: #PILKADA 2020

Kembali Beradu, Sugiri-Ipong Panas Sejak Debat Dimulai

KBRN, Ponorogo : Debat Publik II Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo Pilkada 2020 digelar KPU Ponorogo, Kamis (19/11/2020) malam, di Hall Gedung Sasana Praja kabupaten Ponorogo.

Mengusung tema “Meningkatkan Pelayanan Masyarakat Dan Strategi Daerah Dalam Penanganan Covid-19”.  Tema tersebut dipilih guna menguji masing-masing paslon terkait upaya meningkatkan pelayanan Masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, serta kebijakan dan strategi penanganan pencegahan dan pengendalian Covid-19. Debat yang berjalan selama enam segment tersebut berlangsung cukup menarik.

Saling beradu data dan argumen nampak dari kedua paslon sejak debat dimulai. Saat memberikan keterangan pers usai debat paslon nomor urut satu Sugiri Sancoko menginginkan masyarakat dapat memahami visi-misi dan belajar banyak hal dalam pengalaman berdemokrasi saat ini.  Menurutnya tidak ada menang kalah dalam debat karena sama-sama mempertahankan argumen.

“Saling memaparkan pendalaman visi-misi, kami mengalir saja biar rakyat yang menilai biar masyarakat yang memahami. Karena debat ini kan tidak soal menang-menangan tapi bagaimana kita mampu mempertahankan visi-misi kita,” kata Sugiri

Sementara itu paslon nomor urut dua Ipong Muchlissoni menyatakan bahwa forum debat menjadi sarana baginya bukan hanya untuk menyampaikan visi-misi namun juga klarifikasi. Iapun merasa tidak mengalami kendala dengan tema yang disodorkan yang berkaitan dengan kebijakan publik.

“Saya senang karena dengan media debat ini kita diberi kesempatan untuk menyampaikan apa yang menjadi program dan visi-misi kita. Sekaligus menjadi tempat klarifikasi apa yang menjadi kritikan selama ini. Jadi saya rasa ini kesempatan yang bagus sekali, hanya saja waktunya kurang lama kalau bisa diperpanjang,” kata Ipong

Sementara itu ketua KPU Ponorogo Munajat mengapresiasi semua pihak-pihak terkait karena debat berjalan cukup lancar. Ia menyatakan pelaksanaan debat sesuai protokol kesehatan dan telah diatur berdasarkan PKPU 13/2020 tentang protokol kesehatan pada Pilkada, pun soal durasi selama 120 menit juga berdasar ketentuan dalam PKPU.

“Malam hari ini KPU Ponorogo telah melaksanakan Debat Publik kedua dengan lancar dan sukses tanpa ada kendala suatu apapun, terimakasih dukungan semua pihak. Terkait Durasi debat dan Protokol kesehatan itu semua sudah sesuai PKPU dan kita harus patuhi dalam pelaksanaannya,”

Pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 2, Ipong Muchlissoni dan Bambang Tri Wahono datang lebih awal sekitar pukul 19.15 WIB. Mereka kompak mengenakan setelan batik berwarna  coklat. Sementara sang penantang petahana Sugiri Sancoko-Lisdyarita tiba sekitar 30 menit kemudian yang konsisten dengan setelan putih dan bawahan krem. Kedua paslon datang didampingi keluarga mereka masing-masing.

Untuk diketahui  Pilkada Ponorogo 2020 diikuti oleh dua pasangan calon. Paslon nomor urut satu  Sugiri Sancoko- Lisdyarita, diusung oleh  PDI-Perjuangan, Pan, PPP, Partai Hanura. Adapun paslon 2, atau petahana Ipong Muchlissoni-Bambang Tri Wahono,diusung  Partai Nasdem, PKB, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Golkar, PKS.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00