FOKUS: #PILKADA 2020

Agar Tidak Tercecer, Bawaslu Ngawi Cermati DPT

KBRN, Ngawi : Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ngawi melakukan pencermatan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Bupati Wakil Bupati Ngawi tahun 2020. Hal itu dilakukan, agar tidak ada warga yang tercecer dalam arti hak pilihnya hilang atau tidak terdata dalam DPT.

Ketua Bawaslu Kabupaten Ngawi Abjudin Widyas Nursanto mengungkapkan beberapa rekomendasi terkait data pemilih telah diberikan kepada KPU pasca Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) untuk dilakukan verifikasi lebih lanjut. Dicontohkan, misal ada warga meninggal, agar dikeluarkan dari daftar pemilih, serta bila ada pemilih pemula untuk dipastikan sudah terdata.

“Jajaran kami di tingkat bawah di tingkat kecamatan diminta untuk melakukan pencermatan kembalik, baik mulai DPSHP ditingkat desa dan DPSHP ditingkat kecamatan. Harapan kami tatkala teman-teman pengawas ditingkat desa dan kecamatan ini mencermati sehingga kita melihat juga memastikan, bahwa jangan sampai nanti pada penetapan ini ada yang tercecer, missal orangnya sudah meninggal masih terdaftar atau sebaliknya“kata Abjudin.

Diketahui, hasil penetapan jumlah DPT Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Ngawi sebanyak 686.775 pemilih, tersebar di 19 kecamatan 217 Desa/kelurahan se kabupaten Ngawi. Mereka tersebar di 1798 Tempat pemungutan suara (TPS) untuk menyalurkan hak pilihnya pada 9 Desember 2020.(Mk)

foto : google

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00