FOKUS: #PILKADA 2020

Meski Telah Ditetapkan, Data DPT Terus Bergerak

KBRN, Ngawi : Jumlah Daftar Pemilih Tetap DPT pemilihan Bupati Wakil Bupati Ngawi tahun 2020 sebanyak 686.775 pemilih. Jumlah itu bukanlan jumlah yang statis atau tetap, melainkan data berubah sesuai perkembangan demografi di lapangan.

Ketua KPU Kabupaten Ngawi Prima Aequina mengatakan data pemilih terus bergerak bukan data statis. Misalnya, ada pemilih yang meninggal ataupun lainnya. Untuk itu, perubahan daftar pemilih adalah hal yang mungkin. Bagi pemilih yang meninggal sebelum hari H pemungutan suara 9 Desember 2020, maka petugas akan langsung mencoret nama yang bersangkutan dari daftar DPT. Sedangkan bagi pemilih yang memiliki hak pilih dan belum terdaftar dalam DPT, dapat langsung menyalurkan hak suara pada hari H pencoblosan, dengan menunjukkan KTP elektronik ataupun surat keterangan perekaman data KTP el, serta akan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tambahan-DPTb.

“Walau sudah ditetapkan masih ada kemungkinan pemilih yang belum terdaftar, dan pasti ada pemilih yang meninggal sampai dengan menjelang hari H. Dalam hal ini, KPU Kabupaten Ngawi menjalankan aturan saja, untuk pemilih yang belum terdaftar nanti masih (bisa masuk-red) DPTb (Daftar Pemilih Tambahan)” kata Prima.

Prima menambahkan, terkait pemilih pemula yang belum terdaftar dalam DPT, KPU telah berkordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, agar yang bersangkutan mendapat prioritas perekaman data KTP elektronik. Warga yang memiliki hak pilih adalah usia minimal 17 tahun, dan/atau telah menikah atau pernah menikah.

Diketahui, tahapan pelaksanaan pemilihan Kepala daerah-Pilkada serentak 2020 tetap berlanjut di tengah pendemi Covid-19. Untuk mengantisipasi penularan Covid-19, dalam setiap pelaksanaan tahapan tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Total Daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 di Indonesia sebanyak 270 daerah dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Satu diantaranya pemilihan Bupati-Wakil Bupati Ngawi tahun 2020.(Mk)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00