FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Pilbup Ngawi 2020 ?, Bawaslu Mulai Rekrut Calon Pengawas TPS

KBRN, Ngawi : Tahapan pelaksanaan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Ngawi (Pilbup) 2020 terus berjalan ditengah pendemi Covid-19. Melalui rapat kerja teknis, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ngawi melakukan pembentukan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada Pilbup Ngawi 2020, Senin (5/10/2020).

Divisi Organisasi dan SDM Bawaslu Kabupaten Ngawi Imam Munasir mengatakan, Bawaslu membuka pendaftaran calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Dalam rekrutmen PTPS tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Bawaslu juga telah mengerahkan Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam). Bila dalam suatu desa kekurangan tenaga pengawas, maka akan diambil dari desa terdekat.

“Yang pasti kita sudah mensosialiasikan di tingkat Panwascam, minggu yang lalu sesuai dengan timeline yang diberikan Bawaslu RI. Teman-teman (Panwascam-red) sudah mulai untuk melakukan pengumuman ke tiap-tiap desa dan terbuka untuk umum. Sesuai persyaratan usia minimal 25 tahun, pendidikan minimal SMA sederajat” kata Imam.

Imam Munasir menambahkan Jumlah kebutuhan PTPS untuk Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Ngawi tahun 2020 sebanyak 1.798 orang, sesuai jumlah TPS di 19 Kecamatan se-Kabupaten Ngawi, termasuk TPS di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ngawi. Diantara syarat untuk menjadi PTPS adalah tidak berafiliasi dengan partai politik selama lima tahun terakhir. Selain itu, juga tidak memiliki ikatan dengan sesama penyelenggara pemilihan. Calon PTPS juga harus mengikuti pemeriksaan Rapid Test, sebagai salah satu syarat untuk menjadi PTPS.

Sesuai jadwal rekrutmen PTPS Pemilihan Bupati Wakil Bupati Ngawi tahun 2020 berlangsung hingga 15 Oktober 2020 untuk pendaftaran, termasuk penyerahan berkas administrasi. Bila kuota belum terpenuhi, akan dilakukan perpanjangan masa pendaftaran.(Mk)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00