Bawaslu Ngawi Kerahkan Panwascam dan Desa Awasi Coklit Door to Door

KBRN, Ngawi : Lanjutan tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 terus berjalan. Diantaranya tahapan pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih berlangsung 15 Juli hingga 13 Agustus 2020.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ngawi Abjudin Widyas Nursanto mengatakan menjelang akhir masa pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih, Bawaslu melakukan pengawasan secara serentak di 19 Kecamatan se-Kabupaten Ngawi. Apel bersama menjadi awal kegiatan sebelum terjun ke lapangan untuk melakukan pengawasan coklit atau audit. Pengawasan Coklit dilakukan untuk memastikan warga yang mempunyai hak pilih terdata dengan baik, termasuk pemilih pemula.

“Kita serentak di 19 Kecamatan di Kabupaten Ngawi melakukan langsung door to door  ke rumah memastikan bahwa masyarakat atau warga yang mempunyai hak pilih sudah di coklit oleh teman-teman jajaran KPU, dalam hal ini PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih)” kata Abjudin(13/8/2020).

Abjudi menjelaskan secara teknis Bawaslu mengerahkan pengawas pemilu tingkat kecamatan (Panwascam) dan desa untuk melakukan audit door to door.  Selain itu, Bawaslu juga memastikan penerapan protokol Covid-19 dilaksanakan dengan baik oleh PPDP dalam melakukan coklit.

Abjudin menambahkan Bawaslu juga telah memberikan himbauan kepada KPU untuk memperbaiki kesalahan cetak stiker yang mencantumkan Pemungutan Suara Pimilihan Bupati-Wakil Bupati Ngawi (Pilbup) 2020 yang tertulis tanggal 23 September 2020, padahal seharusnya 9 Desember 2020. (Mk)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00