Cuaca Ekstrem, 2 Pohon Tumbang Tutup Akses Jalan

KBRN, Magetan: Angin kencang menggoyang Magetan sisi selatan pada Selasa (5/7/2022) sore. Angin kencang yang didahului hujan Intensitas sedang hingga tinggi tersebut mengakibatkan pohon tumbang di 2 lokasi sekitar pukul 14.48 WIB.

Lokasi pertama berada di Jalan Raya Penghubung Desa Nitikan kecamatan Sidorejo. Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Eka Wahyudi menjelaskan pohon jenis Jaranan dengan lingkar -/+ 200cm yang tumbang di lokasi pertama menutup akses jalan.

Tidak jauh berbeda, di lokasi kedua, Desa Sumberdukun kecamatan Ngariboyo, pohon jenis Talok dengan lingkar -/+ 120cm tumbang ke sisi bahu jalan. Selain menyebabkan akses jalan tertutup total, pohon tumbang tersebut juga menimpa sepeda motor milik Suwardi (42). Beruntung tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

“Lokasi yang pertama pohon yang tumbang berupa jenis pohon jaranan menutup 100% akses jalan baik untuk roda dua maupun roda empat. Untuk lokasi yang kedua berupa pohon talok tumbang ke sisi bahu jalan dan menimpa sepeda motor. Sepeda motornya mengalami rusak ringan,” papar Eka saat dihubungi RRI, Selasa (5/7/2022).

Usai menerima laporan dari warga, TRC -PB BPBD Magetan bersama TNI/ Polri, Dinas Perkim, PMI dan warga sekitar melakukan penanganan pemotongan dan pembersihan pohon tumbang menggunakan Chain Saw dan peralatan lain yang diperlukan. Penanganan dapat diselesaikan sekira pukul 16.00 WIB dan akses jalan warga sudah kembali normal.

Eka menghimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap dampak cuaca ekstrem yang diprediksi masih akan terjadi hingga akhir Agustus.

“Dalam hal ini BPBD Magetan selalu menghimbau agar masyarakat selalu waspada siaga karena dampak cuaca ekstrem berupa hujan dan angin kencang utamanya di wilayah kabupaten Magetan diperkirakan masih terjadi sampai bulan Agustus. Utamanya pengguna jalan selalu waspada dan selalu siaga apabila terjadi cuaca ekstrem,” pungkasnya.

Eka menambahkan apabila terdapat kejadian serupa ataupun kejadian lainnya, masyarakat segera menghubungi nomor pelayanan BPBD Magetan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar