Aksi Tipu-tipu Berkedok Arisan Lelang, Korban Rugi Sampai 3M

KBRN, Magetan: Satreskrim Polres Magetan mengungkap kasus penipuan berkedok arisan sistem lelang atau sering disebut arisan lele. Tersangka yang diamankan berinisial Y warga Maospati Magetan.

"Kalau korbannya warga Kecamatan Maospati dan Kartoharjo. Namanya adalah lelang arisan atau dikenal dengan sebutan arisan lele," ujar Kapolres Magetan, AKBP Yachob Silvana Delareskha, Kamis (30/12/2021).

Modusnya, Y membuat status aplikasi WhatsApp bahwa ada pembukaan arisan sebesar Rp500 ribu. Peserta kan mendapat uang Rp700 ribu pada tanggal yang dipilih atau  kurang lebih 1 minggu.

“Misal korban menyerahkan uang Rp500 ribu akan cair Rp700 ribu. Jaraknya seminggu. Jadi umpama tanggal 20 itu korban memberikan uang nanti tanggal 27 korban mendapatkan Rp700 ribu," katanya,” jelas Kapolres Yachob.

Selain itu, kata dia, juga ada keuntungan yang didapatkan member lain jika mendapatkan member baru. Arisan lele ini, lanjut Kapolres, sudah berjalan kurang lebih satu tahun. Namun akhirnya macet sejak bulan November hingga Desember 2021. Karena pelaku tidak sanggup membayar uang para member lama, sementara belum ada member baru.

"Intinya pelaku hanya memutar uang member. Karena akhir-akhir ini, tidak ada orang tertarik. Jadi macet, pelaku tidak bisa membayarkan member yang terlanjur masuk. Dan akibat arisan fiktif ini para korban alami kerugian kurang lebih Rp3 miliar," tambahnya.

Dari informasi yang didapat, AKBP Yakhob mengaku bahwa korbannya sebenarnya ada ratusan. Bahkan beberapa member sempat mendatangi Mapolres Magetan namun tidak melapor hanya ingin uang kembali. saat ini telah ada 3 korban yang melapor dengan cukup bukti untuk menahan pelaku Y dengan total kerugian Rp82,9 juta. Sedangkan yang lain belum melapor.

"Kalau yang melapor itu ada yang kehilangan uang Rp8,8 juta, Rp7,2 juta dan Rp66 juta lebih," bebernya.

Polisi mengimbau jika ada yang merasa menjadi korban untuk segera melapor. Pihak kepolisian kini telah menahan pelaku Y. Apabila terbukti bersalah dalam pemeriksaan, bos arisan lele ini terancam pasal 378 dan 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan. Dengan ancaman hukuman penjara paling lama 4 tahun

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar