Puskesmas Kuwalahan, Dompet Dhuafa Siapkan Layanan Kesehatan Untuk Korban Erupsi Semeru

KBRN, Madiun: Tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa cabang Jawa Timur bergerakan cepat ke lokasi titik evakuasi erupsi gunung Semeru pada Minggu dini hari (5/12/2021). Menguti siara pers Public Relations Dompet Dhuafa, Tim DMC DD telah tiba di tempat pengungsian warga terdampak yang terdekat yakni Puskesmas Penanggal, Candipuro di Lumajang, Jawa Timur. Dari pantauan tim di lapangan, kebutuhan medis menjadi yang paling mendesak. Puskesmas Penanggal terpantau kuwalahan menangani warga yang mengalami luka bakar derajat 1 dan 2.

"Menurut laporan tim di lapangan, saat ini puskesmas terdekat sudah kuwalahan. Karena permintaan penolongan pertama akan luka bakar membludak. Banyak warga dengan kondisi luka bakar derajat 1 dan 2 memenuhi ruangan yang ada di Puskesmas Penanggal, Candipuro. Jadi, selain evakuasi, kebutuhan penanganan medis menjadi kebutuhan mendesak. Ada kasus luka bakar dan mungkin infeksi saluran pernapasan atas. Maka, tim medis dari Madiun dan Surabaya kami kerahkan dengan cepat," ungkap Shofa Al Quds, selaku GM Respon DMC Dompet Dhuafa.

Sementara itu, Shofa kembali menegaskan, untuk menguatkan respon medis di lokasi, tim dari Jakarta akan melengkapi kebutuhan obat-obatan dan perlengkapan medis darurat. Sehingga dapat maksimal respon darurat di lapangan untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru.

Dompet Dhuafa membuka dukungan donasi yang dapat disalurkan melalui melalui rekening BSI (BNIs) 340.350.666.5, BCA 237.304.7171, MANDIRI 101.000.647.5733 A.n. Yayasan Dompet Dhuafa Republika. Donatur juga dapat berdonasi dengan mengakses https://donasi.dompetdhuafa.org/indonesiasiapsiaga.

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar