Khidmat dan Antusias, Ansor Ajak Masyarakat Ikuti Upacara Detik-detik Proklamasi

KBRN, Ponorogo : Ada yang berbeda di simpang empat Pasar Legi Ponorogo, Selasa (17/8/2021).

Hiruk-pikuk masyarakat di jalan protokol kota yang biasanya sibuk terhenti sesaat.

Tepat pukul 10:00 WIB warga yang melintas berhenti dan turun dari kendaraan mereka masing-masing dan bersama-sama mengikuit upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekan ke-76 Republik Indonesia.

Kegiatan upacara di pusat perekonomian Ponorogo itu diinisiasi oleh Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Ponorogo bekerjasama dengan Satlantas Polres Ponorogo.

Nampak Para pengendara, pengunjung Pasar Legi Ponorogo hingga pedagang penuh khidmat dan antusias memberikan penghormatan kepada sang merah putih serta ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Syamsul Maarif, Ketua GP Ansor Ponorogo menyatakan jika merujuk pada  teks proklamasi bahwa kemerdekaan tertulis jelas mengatasnamakan bangsa Indonesia, bukan hanya pada sosok Soekarno dan Hatta.

“Sang Proklamator mengatakan ‘Kami Bangsa Indonesia’, artinya yang memproklamasikan itu hakikatnya segenap bangsa Indonesia, bukan hanya Pak Soekrno dan Pak Hatta,“ kata Syamsul.

Atas spirit itulah kegiatan upacara detik-detik proklamasi dilakukan di Pasar Legi yang merupakan Jantung perekonomian masyarakat Ponorogo agar dapat diikuti khalayak lebih luas.

“Untuk itu kami melaksanakan upacara peringatan detik-detik proklamasi RI ke-76 di seputaran perempatan Pasar Legi sebagai jantung ekonominya masyarakat Ponorogo. Ini adalah wujud bahwa peringatan detik-detik proklamasi ya seyogyanya dilaksanakan seluruh masyarakat,” ulasnya.

Syamsul mengungkapkan dengan kegiatan seperti itu diharapkan dapat menumbuhkan rasa nasionalisme semua elemen bangsa. Menurutnya upacara proklamasi kemerdekaan tidak hanya dilakukan oleh intansi-intansi, namun siapapun.

Tidak hanya di perempatan jalan raya seperti yang ia lakukan, kedepan ia berharap upacara proklamasi dapat dilakukan secara lebih luas seperti di Pasar-pasar, di sawah, di pabrik, di pusat perbelanjaan, Mall, di lingkungan masyarakat atau dimanapun tempatnya untuk menanamkan lebih dalam cinta kepada NKRI.

“Harapan kita ini bisa menjadi inspirasi, apalagi dalam suasana pandemi seperti ini justru kegiatan upacara detik-detik proklamasi bisa dilakukan dimanapun sebagaimana yang barusaja kami lakukan, " Pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar