Balon Udara Berisi Mercon Meledak, Rusak Rumah Warga

KBRN, Ponorogo :  Balon udara tanpa awak kembali mendarat dan merusak pemukiman warga. Balon merusak 3 rumah dan gedung SMP di Desa Sumoroto, Kecamatan Kauman, Ponorogo, Jumat (6/8/2021).

Balon udara dengan  muatan mercon diperkirakan telah robek diudara sehingga tak mampu terbang tinggi, dan akhirnya mendarat dan meledak.

Kapolsek Sumoroto AKBP Nyoto mengatakan balon udara yang jatuh merusak pintu, jendela serta atap teras beberapa rumah, bahkan kaca-kaca jendela pecah karena ledakan. Balon juga merusak bangunan SMPN 2 Kauman-Sumoroto, Ponorogo.

“Beruntung tak ada korban dalam kejadian tersebut karena sebagian penghuni rumah sedang berada di Sawah,” kata AKBP Nyoto.

Kejadian tersebut terus didalami Polsek Somoroto dan Polres Ponorogo. Tim inavis pun telah diterjunkan dan  melakukan olah TKP.

“Kebiasaan menerbangkan balon udara disertai mercon dalam ukuran jumbo sangat memprihatinkan, sudah banyak korban dan kerusakan yang terjadi, bahkan penegakan hukum sudah sering kita lakukan, akan tetapi hal ini tidak membuat mereka jera. Kami dari Kepolisian akan lebih intensif menangani masalah ini,” pungkas AKBP Nyoto.

Kemungkinan balon udara tanpa awak diterbangkan sebagai bagian dari Euforia Idul adha 1442 H yang belum usai. Meski dengan alasan tradisi penerbangan balon udara tanpa awak sebenarnya telah dilarang oleh pemda setempat karena membahayakan baik bagi masyarakat maupun dunia penerbangan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar