Pentingnya Pancasila Bagi Anak Bangsa

KBRN, Ponorogo : Anak muda sebagai penerus bangsa wajib mengetahui, memahami, dan menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai pedoman hidupnya. 

Sungguh sangat disayangkan apabila anak bangsa sekarang ini tidak hafal sila-sila dalam Pancasila seperti yang diungkapkan Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah, M. Ag.

“Anak muda sebagai penerus bangsa harus mampu menghargai perjuangan para pahlawan, yaitu dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Sungguh sangat disayangkan apabila anak muda sekarang ini tidak hafal sila-sila dalam Pancasila. Apabila menghafalnya saja tidak mampu apalagi mengamalkan nilai-nilainya”, ujar Evi Muafiah, Jumat (1/10/2021).

Menurut Evi keanekaragaman bangsa yang tersebar diseluruh Indonesia ini akan dapat hidup harmonis apabila kita sebagai anak bangsa mampu menerapkan nilai kesaktian Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 

Nilai kesaktian Pancasila terkandung dalam nilai-nilai luhur Pancasila itu sendiri. 

"Indonesia adalah negara yang beragam, memiliki suku bangsa, agama, dan Bahasa yang beranekaragam. Untuk mencapai kehidupan harmonis dalam keanekaragaman tersebut, penting bagi kita untuk selalu mengamalkan nilai kesaktian Pancasila yang terkandung dalam Pancasila itu sendiri”, ujar Dr. Hj. Evi Muafiah, M. Ag selaku Rektor IAIN Ponorogo.

Pada momentum Hari Kesakstian Pancasila ini, Evi mengajak seluruh anak bangsa untuk selalu menjaga dasar negara dari pengaruh paham atau ideologi lain yang tidak sesuai dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila.  

“Nilai-nilai Pancasila sudah sesuai dengan kehidupan bangsa kita, sehingga merupakan tugas bagi anak bangsa untuk selalu menjaga dasar negara kita dari pengaruh paham yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila. Marilah kita sebagai penerus bangsa khususnya para anak muda jangan sampai terpengaruh oleh paham lain selain Pancasila”, tegas Rektor IAIN Ponorogo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00